Tips Menjadi Sehat Bugar dengan Pola Makan Berikut Ini

Jangan lewatkan sarapan pagi!

Sering kali karena alasan kesibukan pekerjaan Anda jadi melewatkan sarapan pagi. Padahal, dengan meluangkan waktu untuk sarapan pagi, Anda bisa menekan rasa lapar yang berlebihan di sepanjang hari. Di sisi lain, asupan nutrisi yang diperoleh tubuh dari sarapan pagi dapat memenuhi energi yang dibutuhkan untuk menjalankan aktivitas sehari-hari. Artinya, Anda dapat bekerja lebih bersemangat dan penuh konsentrasi sepanjang hari dengan mengonsumsi makanan bergizi di pagi hari.

Cukupi kebutuhan air dalam tubuh

Pola makan yang sehat juga harus disertai dengan pemenuhan kebutuhan air dalam tubuh. Setidaknya Anda diwajibkan untuk minum sebanyak 1 liter atau sekitar 8 gelas air putih dalam sehari. Air putih merupakan minuman menyehatkan yang dapat membantu Anda tetap bugar dan fit. Selain itu, air putih juga mampu membersihkan racun-racun di dalam tubuh. Namun demikian, sebaiknya hindari minum air putih secara langsung setelah makan karena hal ini dapat mengurangi efektivitas penyerapan gizi pada makanan yang dikonsumsi.

Perbanyak konsumsi sayur dan buah

Sayur dan buah menjadi sumber vitamin dan mineral yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh Anda. Di samping itu, kedua bahan makanan ini juga mampu memberi asupan serat yang baik sehingga menjaga kesehatan pencernaan Anda. Dengan rutin mengonsumsi sayur dan buah, maka Anda bisa merasa kenyang lebih lama dan terhindar dari konstipasi. Secara tidak langsung berat badan tubuh tetap terjaga ideal, bukan?

Pilih sumber lemak yang baik

Siapa bilang mengonsumsi makanan berlemak hanya akan menambah berat tubuh Anda? Faktanya, dengan mengonsumsi bahan-bahan makanan berlemak baik justru akan menutrisi otak, kulit, jantung, dan sel-sel tubuh lainnya. Lemak baik dalam hal ini yaitu Omega-3 jenis DHA atau EPA yang bisa diperoleh dari ikan salmon, makarel, teri, maupun sarden. Tidak hanya terbatas pada bahan makanan laut, sumber lemak yang baik juga terdapat pada aneka kacang-kacangan, alpukat, dan minyak zaitun.

Penuhi kebutuhan kalisum dalam tubuh

Untuk melengkapi pola makan sehat, Anda juga membutuhkan asupan kalsium yang berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi. Sumber kalsium tidak hanya diperoleh dari susu maupun beragam olahannya. Anda juga bisa mengonsumsi beberapa sayuran seperti brokoli, kubis, kale, dan sawi yang juga tinggi kalsium. Camilan menyehatkan seperti kacang polong, kacang merah, maupun kacang pinto juga bisa dijadikan sebagai sumber kalsium yang baik untuk tubuh.