Tips Memilih Daging Segar

1. Perhatikan warna daging

Hal pertama yang paling mudah kita lakukan adalah memperhatikan tampilan awal daging. Dikutip dari Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), warga daging sapi segar yang baru dipotong adalah merah ceri; warna tersebut berasal dari protein Myoglobin.

Saat daging sudah terpapar oksigen biasanya warnanya berubah menjadi merah keungu-unguan. Meskipun sudah berubah warna namun kualitas daging ini masih baik, kok.ADVERTISEMENT

2. Cium aroma daging

Salah satu cara termudah untuk memeriksa kesegaran daging adalah mencium aromanya. Daging yang segar akan mengeluarkan aroma khas seperti besi yang tidak terlalu menyengat. Sementara daging yang mulai membusuk, akan mengeluarkan aroma amis lebih menyengat. Saat disentuh, aroma anyir daging busuk pun susah dihilangkan.

3. Tekan-tekan untuk memeriksa teksturnya

Sebelum membeli daging giling, tekan lembut permukaannya lalu rasakan teksturnya. Sensasi dingin, lembut, dan agak kesat saat disentuh merupakan ciri-ciri daging sapi yang segar.

Sebaliknya, daging sapi yang sudah tidak segar teksturnya akan licin, lengket, dan berlendir.

4. Cek tanggal produksi

Tak kalah penting adalah melihat tanggal pada kemasan pembungkus daging. Perhatikan tanggal pemotongan dan batas konsumsi yang tercantum pada labelnya.