Tips Agar Terhindar Dari Sakit Perut

1. Hindari makanan tak bersih
Meskipun terlihat menggoda, hindari makanan yang terlihat kotor cara pemasakannya. “Makan makanan di pinggir jalam yang tidak mengikuti standar kebersihan dapat meningkatkan risiko kontaminasi,” tukas dr. Mehul Choksi, Konsultan Gastroenterologi dan Endoskopi.

2. Pintar memilih
Jika tak bisa makan di rumah, pilihlah makanan dari luar dengan bijak dimana sebaiknya saat disajikan masih dalam keadaan hangat atau panas. Suhu yang panas membunuh patogen sehingga menurunkan risiko infeksi.

3. Hindari makanan tak matang
Ini adalah hal yang harus diperhatikan, terutama untuk telur dan daging. Makanan tak matang cenderung terkontaminasi dengan bakteri seperti Salmonella dan E.coli yang dapat menyebabkan keracunan makanan. 

4. Bawa botol minum
Kontaminasi air rentan terjadi saat musim hujan, bahkan pada minuman yang telah dimurnikan. Oleh karena itu, lebih baik membawa minum sendiri dalam botol agar kebersihannya lebih terjamin. 

5. Mencuci tangan sebelum makan
Ini adalah ajaran yang sudah kita dapat dari usia kecil, namun tak sedikit yang tak melakukanna. Padahal, kebanyakan kasus sakit perut disebabkan karena makan dengan tangan kotor.

6. Hindari berenang
Berenang adalah olahraga yang baik, namun tidak untuk mereka yang memiliki imunitas rendah. Jika Anda sedang sakit flu atau baru sembuh dari penyakit tersebut, sebaiknya tidak berenang karena dapat meningkatkan risiko terkena flu perut.