Tips Agar Belajarmu Terasa Nyaman

Mendengarkan lagu

Mendengarkan lagu saat belajar akan membuatmu fokus, lagu yang dipilih bukanlah lagu yang iramanya berisik tetapi lagu yang berirama tenang dan tidak terlalu mengusik kenyamanan saat belajar. Kamu bisa mencarinya di youtube, spotify, joox atau aplikasi musik lainnya. Jangan lupa menggunakan earphone ataupun headset saat mendengarkan lagu tersebut.

Minum Coklat Panas

Coklat panas adalah minuman panas yang dibuat dari coklat atau kokoa bubuk yang ditambah gula dan diseduh dengan air panas.Minum secangkir coklat panas saat sedang belajar agar belajarmu tidak monoton dan membosankan.

Jangan Belajar saat Perut Kosong

Maksud dari perut kosong tersebut adalah kamu tidak mengisi perutmu dengan makanan, tidak makan sebelum belajar akan membuatmu terganggu dan pastinya tidak berkonsentrasi, perutmu akan terus berbunyi dan meminta untuk diisi. Belajarlah saat sudah mengisi perut, tetapi jangan sampai kekenyangan. Apabila kekenyangan kamu akan mengantuk dan akhirnya kamu akan tertidur.

Sesekali Belajarlah di Ruang Ruangan (Outdoor)

Belajarlah sesekali di ruangan yang terbuka seperti di taman ataupun di dekat pohon yang rindang. Hal tersebut dapat membuat dirimu lebih nyaman dan lebih fokus saat belajar serta tidak terus-menerus belajar di dalam ruangan (Kamar).

Sediakan Snack

Sediakan snack (camilan) saat belajar agar suasana tidak terlalu membosankan dan membuatmu mengantuk (menguap secara terus-menerus).