Tidak Hanya Daging, Makanan ini juga Bisa Bikin Kepala Pening

Pusing maupun migrain tidak hanya disebabkan oleh faktor stres, kelelahan, atau suatu penyakit tertentu. Beberapa makanan atau minuman juga bisa menjadi pemicunya.

Faktanya, berdasarkan Migrain Trust, 10% penderita migrain dipicu oleh makanan atau minuman yang mereka konsumsi.

“Pemicu migrain sangat individual. Apa yang menyebabkan migrain yang melemahkan bagi sebagian orang mungkin tidak berefek pada orang lain,” kata Tory Tedrow, ahli gizi terdaftar dengan Migraine Checked.

Melansir Menshealth, makanan atau minuman di bawah ini dapat memicu sakit kepala.

1. Keju

Keju seperti cheddar, Gorgonzola, Camembert, dan Swiss mungkin lezat, tetapi semuanya mengandung asam amino tyramine, yang dapat memicu sakit kepala.

Umumnya, tubuh tidak memiliki masalah dalam memproses tyramine. Tetapi jika kekurangan enzim yang dibutuhkan untuk memecah tyramine, asam amino dapat menumpuk di aliran darah sehingga meningkatkan tekanan darah Anda.

2. Anggur merah

Anggur merah mengandung tanin, flavonoid yang ditemukan pada kulit anggur.

Menurut temuan, tanin dapat memicu perubahan kadar bahan kimia orak tertentu yang dapat memicu sakit kepala. Juga mendorong pelepasan senyawa penyebab sakit kepala, prostaglandin.

Tetapi, sebuah studi menemukan ada beberapa anggur merah yang kemungkinan menyebabkan sakit kepalanya sedikit, yaitu Cabernet dan Merlot.

3. Daging atau ikan yang diawetkan

Daging yang diawetkan seperti salami dan sosis, kaya akan tyramine.

Buruknya, banyak daging yang diawetkan (misalnya hot dog, pepperoni, bacon dan ham), juga mengandung bahan pengawet pemicu sakit kepala seperti nitrat dan nitrit.

Kedua pengawet dapat menyebabkan pembuluh darah mengembang dan meningkatkan aliran darah ke otak, yang dapat memicu sakit kepala pada beberapa orang, kata Tedrow.

3. Kimchi

Sama halnya dengan daging atau keju. Makanan yang difermentasi mengandung tyramine yang dapat memicu migrain.

4. Kafein

Sakit kepala biasanya disebabkan oleh melebarnya pembuluh darah dan kafein sebenarnya membantu menyempitkan pembuluh darah. Inilah sebabnya zat ini banyak digunakan untuk obat sakit kepala.

Namun, pada kenyataannya banyak orang menemukan minuman yang kaya akan kafein, seperti kopi atau teh hitam, serta soda justru menyebabkan sakit kepala.

Tetapi menurut National Headache Foundation, kafein tidak secara langsung menyebabkan sakit kepala.

Sebagian besar denyutan yang berhubungan dengan kafein sebenarnya adalah hasil dari peningkatan kafein akibat terlalu banyak mengonsumsinya.

Agar tidak mengalaminya, pertahankan konsumsi kafein Anda di bawah 200 miligram setiap hari (kira-kira jumlahnya dalam satu atau dua cangkir kopi).