Posts

,

PECEL SAYUR

PECEL SAYUR

hay,saya membawakan ala resep masakan sayur pecel yang paling enak ayoo silahkan coba:)

 

Bahan-bahan

  1. 1 ikat bayam
  2. 1 ikat kangkung
  3. 5 kacang panjang
  4. 1 buah timun
  5. Bumbu kacang:
  6. 1/4 kacang tanah
  7. 5 cabe rawit
  8. 3 bawang merah
  9. 2 bawang putih
  10. Secukupnya gula
  11. Secukupnya garam

Langkah

  1.  Potong sayuran lalu cuci sampai bersih, kemudian rebus hingga layu.
  2.  Goreng kacang tanah, kemudian cabe rawit, bawang merah.
  3.  Tumbuk halus kacang, sisihkan kemudian tumbuk cabe, bawang putih, bawang merah, garam, gula.
  4.  Kemudian tambahkan kacang yg telah ditumbuk,camper sampai semua rata.
  5.  Siapkan mangkuk berisi sedikit air hangat untuk mencairkan bumbu
  6.  Susun sayuran, dan siapkan bumbu kacang yg sudah dicairkan.
    siap di sajikan:)
,

BUBUR KAMPIUN

Bubur kampiun

hey:) ni aku bawakan makanan yang manis-manis ni, sekali makan pasti langsung ketagihan deh hehe makanan ini berasal dari SUMAERA BARAT bagian MINANGKABAU. Mau tau gimana cara buat nya,, mari mari saya kasih tau cara pembuatan nya mudah kok:)

 

  • BAHAN-BAHAN
  1. 3 buah cara
  2. 2 gram santan encer
  3. 2 lembar daun pandan
  4. 250 gram tepung beras
  5.  garam secukupnya
  6. pisang tandan(secukupnya)
  7. 250 gram gula merah
  8. 2 gram tepung maizena
  9. 400 gram tepung ketan
  10. tambahkan air panas secukupnya
  11. 250 tape ketan hitam
  12. sirup gula (secukupnya)

 

  • CARA PEMBUATAN
  1. Untuk membuat bubur kampiun ini terdiri dari 3 bagian: Bubur sumsum,bubur candil dan kolak pisang.
  2. Cara membuat bubur sum-sum : Rebus santan bersama daun pandan tambahkan garam secukupnya , jika sudah mendidih tambahkan tepung beras secara bertahap sambil di aduh hingga kental
  3. Cara membuat bubur candil: masukan tepung ketan ke wadah lalu tambahkan air panas sedikit demi sedikit sambil di aduk hingga terbentuk adona yang khalis, lalu sisihkan
  4. Rebus air gula merah dalam paci , tambahkn garam secukupnya , daun pandan , lalu masukan bubur candil, rebus hingga matang( sampai mengapung).
  5. Cara membuat kolak pisang : Rebus gula merah tambahkan santan encer, tambahkan daun pandan,garam dan pisang yang sudah di potong , lalu masukan tepung maizena yang sudah di larutkan dengan air
  6. masukan tepung ketan yang sudah di larutkan dengan air, dan aduk hingga mengental tambahkan sirup mocca atau sesuai selera anda
  7. lalu sajikan ketiga bahan tersebut di dalam mangkuk dan bisa juga di tambahkan tape ketan hitam . lalu sajikan

 

SEMOGA BERMANFAAT:)

TIPS DIET

TIPS DIET

          Bagi kalian yang ingin diet saya akan memberi tau bagaimana diet tanpa olahraga dalam seminggu. Gampang kok gak  susah. Setiap wanita atau pun pria pasti ingin mempunyai badan yang ideal dan normal, Faktor kesibukan kadang menjadi penyebab utama wanita/pria malas melakukan olahraga. Makan dengan pola yang teratur dan benar dapat membuat badan sehat juga dapat membantu menurunkan berat badan kita.

Cara menurunkan berat badan dalam seminggu :

1. Kurangi Komsumsi Karbohidrat dan Gula

Jika anda sering sekali banyak mengkomsusmsi nasi dan makanan manis yang mengandung banyak gula, secepatnya anda harus cepat mulai menguranginya sekarang. Jika anda terlalu banyak dan berlebihan mengkonsumsi karbohidrat dan gula berlebihan secara terus-menerus, lemak akan semakin banyak tertumpuk. Dengan mengurangi karbohidrat dan gula anda bisa menjauhkan dari berbagai macam penyakit seperti gula, jantung, ginjal.

2. Mengkonsumsi Sayur dan Buah-buahan

Mengkonsumsi lebih banyak sayuran juga bisa menjadi salah satu cara menguruskan badan dalam 1 minggu. jenis sayuran seperti mentimun, selada, kubis, seledri, bunga kol, brokoli, dan bayam mampu membantu anda melancarkan program diet dan juga menjaga kesehatan tubuh. Sedangkan jenis buah-buahan seperti pir, apel, pepaya.

3. Banyaknya Meminum Air Putih

Air merupakan salah satu komponen dalam tubuh kita yang sangat penting. Rata-rata orang harus meminum air putih minimal 2 liter dalam satu hari untuk orang dewasa. Kurangnya minum air putih dapat menyebabkan berbagai penyakit.

4. Mengubah Karbohidrat Dengan Karbohidrat Kompleks

Mungkin banyak orang yang masih menkonsumsi nasi putih, padahal nasi putih dapat digantikan dengan nasi merah atau yang kita sebut beras merah. Kandungan beras merah yang sangat berguna untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan anda.

5. Mengatur Pola Makan

7 hari pola makan kita yang dapat dilakukan setiap hari:

  • hari pertama mengkonsumsi makanan sehat dan ringan, seperti buah-buahan
  • hari kedua mengkonsumsi sayuran yang sehat dan segar
  • hari ketiga mengkonsumsi sayuran dan buah dengan cara di kombinasikan menjadi satu
  • hari keempat menkonsumsi buah pisang dan susu saja
  • hari kelima mengkonsumsi semangkuk nasi merah dengan ditambah tomat
  • hari keenam mengkonsumsi yogurt, dan salad
  • hari ketujuh mengkonsumsi jus kombinasi seperti pepaya, jambu, strawberry.

6. Hindari Minuman Bersoda

Hampir semua orang sangat suka meminum- minuman bersoda apalagi salah satunya adalah wanita. Wanita yang terlalu sering minum minuman bersoda akan lebih besar kemungkinannya terkena obesitas, diabetes atau osteoporosis. Ini karena, minuman bersoda yang banyak sekali gula dalam minumannya.

7. Hindari Makanan yang digoreng atau Mengandung banyak minyak

Makanan yang digoreng atau yang mengandung banyak minyak dapat menyimpan lemak trans. Hal, ini dapat menyebabkan kita bisa meningkatkan penyakit kolesterol. Cara menggatinya usahakan dalam memasak menggunakan sedikit minyak.

8. Hindari Makan Malam atau Menjelang Waktu Tidur

Banyak orang yang sering makan malam menjelang waktu tidur, padahal itu sangat tidak dianjurkan oleh dokter. karena makanan yang tertimbun di tubuh kita tidak dibakar untuk menjadi aktivitas, ini akan menyebabkan timbulnya lemak yang timbul disekitar tubuh kita. Mengganti makan malam dengan sayur yang direbus tanpa nasi.

9. Hindari Camilan

Hampir semua orang pasti sangat suka dengan camilan apalagi wanita, dikarenakan camilan mampu menganjal lapar kita sementara. Tapi tahukah kalian kalori yang ada di camilan hampir sama besarnya jika kita memakan nasi. Itu disebabkan banyak sekali orang yang bertubuh berlebih sering mengkonsumsi camilan. Menggantilah camilan anda dengan buah.

10. Makan Dalam Porsi Kecil

Makan dalam jumlah porsi yang sedikit ini dapat membantu anda yang ingin diet tanpa olahraga, karena kalori yang kita makan akan berkurang didalam tubuh. Dan kalori yang berlebihan akan tertimbul lemak.

,

TERONG BALADO

SAMBAL TERONG BALADO

 

Hay guys nih saya bawak makanan yang pedas-pedas ni yang berasal dari daerah SUMATRA  namanya SAMBAL TERONG BALADO . yuk yuk dicoba buat ibu” yang mau buatin untuk suami sama anak nya:D, kakak-kakak adek-adek yang mau masak in buat ibu,nenek tercinta nya ini saya kasih tau resep nya:)

 

  • BAHAN-BAHAN

  1. 10 buah terong ungu
  2. Bumbu halus
  3. Cabe merah besar(sesuai selera)
  4. sesuai selera Cabe kriting
  5. Cabe rawit (sesuai selera)
  6. 10 buah Bawang merah
  7. 8 buah Bawang putih
  8. Terasi (sangrai dulu)
  9. Kemiri (sangrai dulu)
  10. 1 buahTomat
  11. Garam secukupnya
  12. Gula secukupnya
  13. Minyak goreng secukupnya

 

 

  • CARA PEMBUATAN

  1. Bersihkan terong ungu dengan air bersih , lalu potong-potong terong sesuai keinginan.
  2. Jika sudah di potong-potong lalu goreng terong ungu sampai terlihat sedikit layu
  3. Siapkan bumbu yang sudah disiapkan tadi,lalu haluskan bumbunya
  4. Tumis bumbu yang sudah di haluskan  tambahkan gula,garam secukupnya
  5. Lalu masukan terong nya dan biarkan sampai matang
  6. Angkat terong dan tiriskan di piring saji tambahkan bawang goreng

 

                                        selamat mencoba dan semoga bermanfaat:)