Posts

,

ES AIR MATA PENGANTIN

      ES AIR MATA PENGANTIN

hay guys:) kayaknya panas-panas gini tu enak nya minum yang seger,manis-manis gitu deh hehe. nih ada minuman khas dari RIAU nama nya ES AIR MATA PENGANTIN . es air mata pengantin adalah es yang segar dan unik , minuman ini sangat di kenal di daerah riau. minuman ini sangat cocok di minum di saat berbuka puasa atau saat cuaca sedang panas,yang bisa membuat tenggorokan menjadi segar. Nah sekarang sih gak usah repot-repot lagi gimana sih bisa beli minuman yang enak dan seger ini . kalian bisa buat sendiri kok di rumah. mau tau gimana cara buat nya , nih aku kasih tau apa apa aja bahan-bahan dan gimana cara pembuatan nya:

 

  • BAHAN-BAHAN
  1. Agar-agar (sesuai selera)
  2. sirup coco pandan (secukupnya)
  3. 15 gram biji selasih
  4. gula putih (secukupnya)
  5. bahan pewarna ( warna kuning,merah ,hijau)
  6. air bersih
  7. Es serut ( sesuai keinginan)

 

  • CARA PEMBUATAN
  1. Siapkan panci untuk memasak bahan-bahan agar-agar , gula ,air tunggu hingga mendidih
  2. angkat jika bahan agar-agar sudah matang , sisihkan menjadi beberapa bagian
  3. tambahkan pewarna ke setiap bagian agar-agar lalu aduk rata
  4. jika sudah tercampur rata , masukan bahan-bahan itu ke dalam kulkas hingga membeku
  5. jika bahan tadi sudah beku , lalu potong dengan posisi memanjang  dan masukan ke dalam gelas saji
  6. tambahkan biji selasi, sirup, es serut ke dalam gelas nya
  7. es air mata pengantin siap di hidangkan

 

SEMOGA DAPAT BERMANFAAT:)

,

PUTU BAMBU

Hello semua, ayo gunakan resep makanan dari saya agar lebih mantap,enak dan pastinya lezat

menggunakan resep dari saya pasti bakal ketagihan untuk membuatnya lagi.

Bahan-bahan

3 porsi
  1. 800 gram tepung beras
  2. secukupnya air
  3. 6 lembar daun pandan
  4. secukupnya garam
  5. 250 gram gula merah, sisir terlebih dahulu
  6. secukupnya parutan kelapa, kukus terlebih dahulu

Langkah

  1.  1.Campur air dengan garam dan daun pandan.kemudian rebus sampai mendidih lalu kemudian angkat dan biarkan     agar menjadi hangat.
  2.  2.Siapkan tepung beras pada sebuah tempat wadah,kemudian masukan air pandan tersebut sedikit demi sedikit             sambil diaduk menggunakan tangan hingga betul-betul merata.
  3.  3.Saring adonan sedikit demi sedikit menggunakan saringan kasar hingga adonan menjadi halus.
  4. 4. Masukkan adonan kedalam cetakan bambu. kemudian alasi potongan bambu dengan potongan daun pisang atau        daun pandan.
  5. 5.Dan jangan lupa lubangi bagian tengah adonan kemudian masukkan gula jawa secukupnya. Lalu tutupi sisanya           dengan adonan tepung beras hingga betul cukup penuh atau ratakan.
  6. 6.Siapkan panci pengukus, kemudian letakan cetakan yang sudah berisi adonan putu dengan posisi berdiri.                     Usahakan tepat berada di atas lubang kukusan.
  7. 7.Kukus sekitar 10 menit, kemudian angkat dan keluarkan kue dari cetakan. Dan sajikan di atas piring mendatar.

  8. 8.Taburi kue Putu yang sudah matang dengan parutan kelapa ditambah sedikit gula pasir. Isian gula merah bisa             diganti sesuai dengan ke inginan seperti keju atau coklat sehingga pas dimakan panas2 coklat atau keju meleleh .

,

ES CENDOL MEDAN

 

RESEP ES CENDOL MEDAN

Bahan Es cendol Medan:
– 500 g tepung beras
– 80 g tepung sagu
– 3 sdmair kapur sirih
– 650 ml air panas
– Air secukupnya

Bahan kuah Es cendol Medan:
– 750 ml santan
– 1 klg susu kental manis

Bahan pelengkap Es cendol Medan:
– 200 g cincau hitam, potong dadu dadu
– 250 g tapai ketan hitam
– 250 g manisan kolang-kaling, iris tipis-tipis
– 200 ml sirop merah
– es serut secukupnya

Cara membuat Es cendol :

Cendol :
1. Campur tepung beras, sagu, dan air kapur sirih, tuangi air panas aduk hingga adonan licin.
2. Panaskan air dalam panci hingga mendidih.
3. Masukan adonan ke dalam saringan cendol, tekan-tekan dengan sendok kayu hingga keluar adonan menyerupai mi panjang, masukan mi ke dalam panci berisi air mendidih, angkat.
4. Masukan mi ke dalam mangkuk besar yang berisi air es, saring dan sisihkan.

Kuah :
campuran santan dan susu, masak hingga mendidih, dinginkan

Cara Menyajikan Es cendol Medan :

Sipakan gelas saji, masukan cendol, cincau, tapai ketan hitam, dan kolang kaling. tambahkan kuah dan es serut secukuonya. siram dengan sirop merah
Selamat Mencoba.. 🙂
sumber : resepkomplit

,

Resep Kue Cenil Khas Medan

Kue Cenil merupakan salah satu kue tradisional, dan yang banyak digemari, rasanya yang enak dengan taburan kelapa dan gula merah membuat cenil terasa lebih nikmat, buat para pecinta kue cenil yang ingin mencoba membuatnya dirumah ni admin kasih tau resepnya hehe.. selamat mencoba..



Bahan – bahan yang dibutuhkan :

  • 400 gram Tepung kanji (dilarutkan dengan 60 ml air matang)
  • 215 ml Air bersih
  • 1 sendok teh Garam
  • Pewarna makanan seukupnya (warna merah, kuning, hijau atau sesuai selera)
  • 2000 ml Air untuk merebus
  • 8 – 10 lembar Daun pandan (dipotong – potong kecil)
  • 1/2 butir Kelapa setengah tua, kupas, parut memanjang
  • 1 senok teh Garam
  • 6 sendok makan Gula pasir atau gula merah cair secukupnya

Cara membuat kue cenil yang kenyal dan istimewa :

  1. Langkah pertama siapkan panci rebusan yang sudah diisi dengan air bersih, masukkan garam lalu letakkan panci diatas kompor dengan nyala api sedang.
  2. Lalu masukkan larutan tepung kanji ke dalam panci tersebut sambil terus mengaduk – aduk hingga adonan mengental, lalu angkat.
  3. Aduk – aduk kembali hingga adonan mengental secara merata dan sudah menjadi agak dingin.
  4. Kemudian masukkan sedikit demi sedikit sisa tepung kanji ke dalam panci tersebut dan uleni adonan hingga adonan kalis dan tercampur merata.
  5. Selanjutnya bagi adonan menjadi 3 bagian atau lebih, letakkan di wadah yang berbeda – beda.
  6. Kemudian tuangkan pewarna makanan untuk setiap adonan tadi sesuai dengan pewarna makanan sesuai selera.
  7. Setelah itu ambillah 1 sendok makan adonan untuk setiap warna, rekatkan menjadi satu dan gulung adonan hingga bentuknya panjang sebesar kelingking, potong – potong gulungan tersebut dan sisihkan.
  8. Berikutnya siapkan panci rebusan yang sudah diisi dengan air bersih, masukkan daun pandan dan rebus hingga mendidih.
  9. Setelah itu kecilkan nyala api dan tutup panci tersebut dengan penutupnya, masak hingga mengeluarkan aroma pandan dan meresap.
  10. Kemudian buang daun pandan, masukkan potongan adonan tadi ke dalam panci rebusan.
  11. Rebus dan masak selama kurang lebih 5 menit hingga potongan adonan cenil matang yaitu ditandai dengan adonan akan mengapung jika sudah matang.
  12. Jika dirasa sudah matang, angkat dan tiriskan kue cenil tersebut, kemudian guling – gulingkan kue cenil ke dalam kelapa parut yang sudah dicampur garam lalu letakkan di atas piring saji
  13. Berilah taburan taburan gula pasir atau bisa disiram dengan gula merah cair di atas kue cenil tersebut dan kue cenil sudah siap dihidangkan.
    sumber : kulinersehat