Salah Satu Cara Mendapatkan Gizi Seimbang

1. Mengonsumsi Sayuran dan Buah-Buahan yang Cukup

Buah dan sayur memiliki banyak kandungan nutrisi atau zat kimia lain yang memiliki manfaat untuk menopang kesehatan tubuh. Konsumsi buah dan sayuran setiap hari juga sangat dianjurkan untuk menjaga kesimbangan gizi. Selain banyak mengandung serat, buah dan sayur juga mengandung vitamin dan mineral. Untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral, kita dianjurkan untuk mengkonsumsi 5 porsi buah dan sayur setiap hari.

2. Mengonsumsi Makanan yang Kaya akan Sumber Protein

Mengonsumsi makanan yang kaya akan sumber protein diperlukan untuk tubuh sebagai zat pembangun yang membantu pertumbuhan dan pemeliharaan jaringan sel dalam tubuh. Sumber protein dibedakan menjadi lauk nabati seperti tahu dan tempe, serta lauk hewani seperti daging dan ikan. Porsi makanan sumber protein yang dianjurkan adalah 2-4 porsi dalam sehari.

3. Mengonsumsi Makanan Sumber Karbohidrat

Makanan sumber karbohidrat berfungsi sebagai sumber energi utama dalam tubuh. Porsi makanan sumber  karbohidrat  yang dianjurkan yaitu 3-4 porsi per hari. Sedangkan makanan pokok selain nasi dapat dikonsumsi sebagai sumber energi dalam tubuh seperti jagung, sereal dan umbi-umbian.

4. Mengonsumsi Pangan Manis Secukupnya

Sumber pangan manis umumnya berasal dari gula yang ditambahkan dalam makanan. Apakah kalian tahu? Pemberian gula dalam makanan dibatasi hanya 4 sendok makan dalam sehari lho!

5. Mengonsumsi Pangan Asin Secukupnya

Pangan asin diberikan dengan menambahkan garam dalam makanan merupakan salah satu penyebab penyakit hipertensi. Pemberian garam dibatasi hanya 1 sendok teh saja dalam sehari.

6. Berhenti Mengonsumsi Rokok

Nikotin dalam rokok dapat menekan selera makan, sehingga memicu perubahan perilaku yang mendorong perokok untuk mengurangi porsi makan. Merokok juga dapat menyebabkan status gizi buruk, baik berupa gizi kurang maupun gizi lebih. Oleh karena itu, sudah seharusnya generasi masa kini menjauhkan diri dari rokok demi tercapainya pola hidup yang sehat dan status gizi yang lebih baik.