Saat Batuk, Berikut Ini Buah yang Harus Dihindari

1. Jeruk

Aneka jenis jeruk tergolong dalam kelompok buah “citrus” yang perlu diwaspadai. Memang buah jeruk banyak mengandung vitamin c yang cukup tinggi, namun bukan hanya itu saja. Kandungan asam sitrat pada buah jeruk juga sangat tinggi.

2. Mangga

Sama seperti buah jeruk, tampaknya mangga juga menjadi sasaran sebagai salah satu buah yang harus dihindari saat batuk. Disebutkan bahwa konsumsi buah mangga dapat memperburuk kondisi sistem pernafasan, pada saat batuk ataupun pilek.

Terutama apabila getah mangga berhasil masuk ke dalam tenggorokan Anda. Getah mangga ini bersifat “iritan” yang dapat menyebabkan iritasi pada tenggorokan Anda. Terlebih jika Anda mengonsumsi air dingin, tentu akan memperparah iritasi dalam tenggorokan Anda. Inilah alasan mengapa mangga disebut sebagai buah yang tidak bisa dimakan saat batuk.

3. Nanas

Alasan nanas dikategorikan sebagai buah yang harus dihindari ialah potensinya dalam meningkatkan produksi histamin. Peningkatan histamin berdampak pada keluarnya lendir atau dahak dalam jumlah yang lebih banyak.

Maka bagi penderita batuk yang sulit mengeluarkan dahak, buah ini akan menyiksa Anda. Mengingat produksi dahak meningkat, namun Anda sulit mengeluarkannya.

Hanya saja penelitian lain menyebutkan bahwa kandungan bromelain pada buah nanas dapat meredakan gejala batuk, hingga mengencerkan dahak. Namun pada pengguna terapi antibiotik jenis “amoxicillin” perlu mewaspadai kandungan bromelain pada buah yang harus dihindari saat batuk tersebut.