Miso/Misop Ala Chef Turnip

miso adalah sejenis makanan berkuah, miso memiliki kuah yang khas, rasa bumbu dan rempah2 nya sangat terasa, Miso adalah salah satu makanan legendaris di Medan Sumut dan sekitarnya. Dulu waktu saya kecil dan remaja saya bersama ibu sering jajan miso jika kita belanja ke pajak/ pasar tradisional sering membeli miso ini, dan terkadang ibu juga sering membuatnya di rmh, rasa miso bikinan ibu sama dengan yang di jual2 di pasar. rasa nya kurang afdol jika berkunjung ke medan atau pulkam tdk mencicipi miso ini, rasanya yang khas sungguh membuat kangen kampung halaman, untuk memakan nya jika anda perantau anda bisa membuatnya sendiri di dapur anda, saya akan berbagi resepnya agar sedikit bisa mengobati dan ingat akan ibu kita juga kampung halaman kita, karena apapun ceritamu semua berawal dari sana dari kampung halaman mu. Happy cooking! salam sehat buat kita semua. #SemuaTentangIbu #IbuKangenKampung #SatuResepSatuPohon #PejuangGoldenApron2 #KulinerChefBatakTurnip

Bahan-bahan

  1. 1/2 ekor ayam
  2. 2 liter air
  3. 1 bungkus bihun
  4. secukupnya garam dan merica
  5. Bahan bumbu rempah
  6. 10 buah kapulaga
  7. 5 buah bunga lawang
  8. 1 batang serai
  9. 1 batang daun bawang
  10. 1 batang daun seledri
  11. 5 cm jahe
  12. 5 cm kayu manis
  13. Bahan bumbu halus
  14. 3 siung bawang merah
  15. 2 siung bawang putih
  16. 2 cm jahe
  17. 1/2 sendok teh merica putih

Langkah Langkah

  1. Siapkan ayam kemudian potong2 dan cuci bersih, lalu siapkan bahan bumbu rempah. kemudian siapkan 2 liter air dalam panci lalu rebus ayam dan bumbu rempah, tambahkan garam dan merica, masak sampai mendidih dan ayam empuk.
  2. Setelah bumbu rempah meresap dalam ayam dan kuah berubahwarna, angkat ayam dan saring kuah kaldu buang semua bahan bumbu rempah yang sdh di rebus.
  3. Kemudian siapkan bahan bumbu halus, kemudian ulek dan tumis sampai harum.
  4. Kemudian masukan tumisan bumbu halus kedalam air kaldu miso. lalu didihkan kembali. siapkan juga bihun yang sdh di rendam air tiriskan dan sisihkan dalam wadah.
  5. Kemudian goreng ayam dan suwir2 sesuai selera. lalu ambil secukupnya bihun taruh dalam mangkuk beri suwiran ayam, daun bawang, seledri, juga beri potongan tahu goreng dan kerupuk jika suka, bisa juga di tambahkan mie kuning basah jika suka, lalu siram dengan kuah misop dan siap untuk di sajikan.