Mie Gomak Sambal Kacang Tomat

Yang asalnya dari Sumatera Utara khusus nya dari Kabanjahe sekitarnya pasti tidak asing dengan mie yang satu ini. Ini mie pasta ala Kabanjahe 😊😊😊 mie nya mirip pasta dan harus direbus dulu baru bisa di olah dan di konsumsi. Cara masaknya juga tidak ribet, tinggal bagaimana kreasi kita saja. Saya pribadi sangat suka mie gomak ini, apa lagi kalau pakai sambal nya di campur alias perpaduan kacang dan tomat, 2 piring pasti langsung habis 😂😂😂 ini suka atau rakus ya. Langsung cek aja resepnya di bawah

Bahan-bahan

  1. 1 kg Mie Gomak/ Mie Lidi
  2. 5 batang Daun Bawang, iris2
  3. 1 kg Tomat yang sudah matang
  4. 3 bks Bumbu Pecal Sinti
  5. 6 lembar Daun Jeruk
  6. 2 lembar Daun Salam
  7. secukupnya Garam, Merica dan Penyedap
  8. Bumbu yang dihaluskan
  9. 100 gram Cabe Merah
  10. 50 gram Cabe Rawit Hijau
  11. 12 siung Bawang Merah
  12. 10 siung Bawang Putih
  13. 1 ruas jempol Jahe
  14. 1 jempol Lengkuas, keprek
  15. 2 buah Batang sereh, keprek

Langkah

  1. Note : untuk bumbu kacang nya aku pakai bumbu pecal merek sinti ya, biar gak terlalu ribet. Kalau mau dibuat juga bisa, tinggal goreng kacang tanah kemudian di giling dan di tambah jeruk limau.
  2. Untuk tingkat kepedasan nya, itu kembali ke selera masing2 ya, tapi saya lebih suka yang sedikit pedas agar mie nya tidak eneg.
  3. Rebus mie ke dalam air yang terlebih dahulu sudah di didihkan, tambahkan 3-4sdm minyak goreng dan sesekali di aduk hingga mie nya matang. Setelah matang langsung di rendam ke dalam air dingin, dan biarkan saja dulu.
  4. Tumis bumbu yang dihaluskan sampai wangi dan berubah warna, masukkan semua daun2, sereh, lengkuas dan aduk rata sambil di tumis sampai wangi. Setelah itu masukkan tomat dan biarkan setengah layu, tambahkan air bersama dengan bumbu kacang nya.
  5. Setelah mendidih, masukkan garam, merica dan penyedap nya, biarkan kembali dan cicipi, setelah pas di lidah, matikan ya. Untuk bumbu nya boleh encer, sedikit kental atau pun kental, itu selera ya, kalau saya suka nya kental.
  6. Untuk tambahan nya bisa pakai telur rebus atau mata sapi seperti ini ya