Manfaat Talas Pada Tubuh

  • Membantu menurunkan berat badan

Talas memiliki kandungan serat yang tinggi. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi lebih banyak serat cenderung memiliki berat badan yang lebih rendah dan lemak tubuh yang lebih sedikit. Serat dapat memperlambat pengosongan perut sehingga membuat Anda kenyang lebih lama dan mengurangi jumlah kalori yang Anda makan sepanjang hari. Oleh sebab itu, hal ini juga dapat membantu menurunkan berat badan Anda.

  • Meningkatkan kesehatan usus

Serat yang terkandung dalam talas dapat menjadi makanan bagi mikroba di usus dan meningkatkan pertumbuhan bakteri baik. Selanjutnya, bakteri usus pun akan memfermentasi serat-serat ini dan menciptakan asam lemak rantai pendek, yang dapat menyehatkan sel-sel pelapis usus, serta membuatnya tetap sehat dan kuat. Selain itu, serat juga dapat membantu melancarkan pencernaan, mencegah kembung, sembelit, dan kelebihan gas.

  • Menjaga kesehatan mata

Talas mengandung berbagai antioksidan, termasuk beta-karoten dan cryptoxanthin. Antioksidan tersebut dapat membantu menjaga kesehatan penglihatan dengan menangkal radikal bebas yang menyerang mata sehingga bisa mencegah degenerasi makula atau katarak. 

  • Meningkatkan kesehatan kulit

Vitamin E dan A yang terkandung dalam talas dapat meningkatkan kesehatan kulit. Kedua vitamin esensial tersebut juga bisa memperbaiki sel kulit, membuat luka lebih cepat sembuh, dan mencerahkan kulit yang sehat.

  • Membantu mengontrol gula darah

Talas mengandung dua karbohidrat yang bermanfaat untuk mengontrol gula darah, yaitu serat dan pati resisten. Serat dapat membantu memperlambat pencernaan dan penyerapan karbohidrat lain sehingga mencegah gula darah melonjak setelah makan. Di samping itu, pati resisten yang terkandung dalam talas juga tidak dapat dicerna sehingga tak akan meningkatkan kadar gula darah. Kedua kandungan tersebut menjadikan talas sebagai pilihan karbohidrat yang baik, terutama bagi penderita diabetes.

  • Mengurangi risiko penyakit jantung

Serat dan pati resisten dalam talas diyakini dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi lebih banyak serat cenderung memiliki tingkat penyakit jantung yang lebih rendah. Selain itu, pati resisten yang terkandung di dalamnya juga dapat membantu menurunkan kolesterol, yang dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung.