Manfaat Buah Jeruk

Jeruk merupakan salah satu jenis buah yang memiliki citra rasa asam dan manis yang segar. Jeruk terbagi dari beberapa jenis, yaitu seperti jeruk purut, jeruk nipis, dan sebagainya. Yang untuk dibuat sebagai jus adalah jeruk yang kulitnya berwarna hijau, yang dimana rasa daging buahnya tidak terlalu manis dan juga tidak terlalu masam.

Jeruk harus dipanen di tempat yang terbuka atau ruangan yang dapat menghantarkan cahaya matahari. Tahukah kamu tidak hanya daging jeruknya yang dimanfaatkan orang-orang sebagai minuman tetapi daunnya juga dimanfaatkan orang sebagai penyedap ataupun komponen kue/puding serta kulit jeruk bisa dibuat menjadi manisan (somboi). Buah jeruk ini biasa juga dimanfaatkan manusia sebagai wangi-wangian, seperti parfum (pengharum anggota badan), ataupun pengharum ruangan. Buah jeruk juga dimanfaatkan sebagai pewarna makanan.

Buah jeruk berasal dari Asia Timur dan Asia Tenggara yang membentuk sebuah busur, membentang dari Negara Jepang sampai ke selatan hingga kemudian berbelok ke barat, ke arah bagian Negara India bagian timur.

Berikut di bawah ini, saya akan membahas apa saja manfaat dari buah jeruk :

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh.
  2. Mengobati panas dalam.
  3. Mengobati sariawan.
  4. Mencegah kanker pada tubuh.
  5. Meningkatkan daya tahan tubuh.
  6. Mengontrol kadar gula darah.
  7. Menjaga kesehatan mata.
  8. Menjaga kesehatan tulang.
  9. Sebagai program diet.
  10. Melancarkan saluran pencernaan.
  11. Sebagai sumber antioksidan tubuh.
  12. Baik untuk kesehatan jantung.
  13. Membantu perkembangan kandungan.
  14. Dapat menjaga kesehatan mental.
  15. Menghilangkan kolestrol jahat pada tubuh.
  16. Membuat tubuh kembali semangat untuk beraktivitas.