Manfaat Jeruk Bagi Kesehatan

1. Memelihara kesehatan jantung

Buah jeruk mengandung senyawa flavonoid, seperti hesperidin. Kandungan ini dipercaya memiliki efek protektif terhadap jantung. Kandungan serat dalam buah ini pun diyakini memiliki efek yang sama. Konsumsi buah jeruk dengan rutin berpotensi untuk menjaga jantung senantiasa sehat.

2. Mencegah batu ginjal

Mungkin manfaat inilah yang menjadi ciri khas dari kebaikan buah-buah sitrus seperti jeruk. Jeruk mengandung asam sitrat dan sitrat, yang dipercaya berkhasiat untuk mencegah pembentukan batu ginjal. Oleh sebab itulah, sitrat dalam bentuk kalium sitrat sering diresepkan dokter untuk mengatasi batu ginjal pada pasiennya. Obat ini memiliki efek yang hampir sama dengan buah jeruk.

3. Mengendalikan tekanan darah

Buah jeruk tidak mengandung mineral natrium sehingga berpotensi untuk membantu kita agar tak terlalu banyak mengonsumsi mineral ini. Mengendalikan asupan natrium penting untuk menurunkan risiko tekanan darah tinggi.

4. Mencegah anemia

Anemia terjadi ketika tubuh kekurangan sel darah merah atau hemoglobin, sehingga menurunkan kemampuannya untuk mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh. Seringkali, kondisi anemia dipicu oleh kekurangan zat besi.

Buah jeruk merupakan sumber yang baik untuk vitamin C (asam askorbat) dan asam sitrat. Kedua asam ini membantu tubuh dalam mengoptimalkan penyerapan zat besi di saluran pencernaan.

5. Berpotensi untuk menurunkan risiko diabetes

Satu buah jeruk dengan berat 131 gram memberikan kita serat pangan sebanyak 3,14 gram. Jumlah ini hampir mencukupi 10% kebutuhan serat harian orang dewasa. Berbagai penelitian menemukan, konsumsi serat yang cukup membantu meredakan faktor risiko diabetes.

Tubuh juga mencerna serat lebih lambat dibandingkan saat mencerna nutrisi lain. Hal ini diharapkan dapat membuat tubuh kenyang lebih lama, sehingga berpotensi untuk menjaga berat badan. Pengendalian berat badan juga dikaitkan dengan penurunan risiko diabetes.