Manfaat Jambu Kristal, Sumber Vitamin C yang Bantu Lawan Berbagai Penyakit!

1. Baik untuk Sistem Pencernaan

Jambu kristal memiliki kandungan serat yang tinggi.

Konsumsi jambu kristal dapat membantu memenuhi kebutuhan serat harian yang dapat membantu pergerakan usus dan juga mencegah sembelit. Selain bagian buahnya, bagian daun jambu biji juga memiliki manfaat untuk pencernaan, yaitu untuk membantu mengatasi diare.

Penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun jambu biji dapat mengurangi intensitas dan durasi diare. Hal ini kemungkinan disebabkan oleh karena ekstrak daun jambu biji memiliki efek antimikroba. Ekstrak daun jambu biji dapat membantu menetralkan mikroba yang menjadi penyebab diare.

2. Meredakan Flu

Manfaat jambu kristal yang kedua adalah dapat meredakan flu.

Sifat antimikroba dalam jambu kristal juga dapat membantu melawan virus penyebab flu. Selain itu, kandungan vitamin C dan antioksidan yang tinggi dalam jambu kristal juga dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh. Apabila sistem imun baik, maka tubuh akan dapat lebih mudah melawan virus yang menyerang tubuh.

3. Baik untuk Kesehatan Mata

Manfaat jambu kristal selanjutnya adalah dapat membantu menjaga kesehatan mata.

Jambu kristal memiliki kandungan vitamin A yang sangat penting untuk menjaga kesehatan mata. Konsumsi 100 gram jambu kristal dapat memenuhi hingga 21% kebutuhan vitamin A harian. Asupan vitamin A yang cukup dapat membantu Anda terhindar dari berbagai gangguan mata seperti rabun jauh, rabun dekat, silindris, hingga rabun ayam.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Salah satu kunci untuk menjaga kesehatan jantung adalah dengan memerhatikan apa saja yang kita makan.

Konsumsi jambu kristal dipercaya dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Manfaat jambu kristal ini didapat dari kandungan kalium dan serat larut yang tinggi yang ada di dalamnya.

Selain itu, sebuah penelitian menunjukkan bahwa konsumsi jambu biji sebelum makan dapat membantu menurunkan tekanan darah, menurunkan kolesterol jahat, dan meningkatkan kadar kolesterol baik dalam darah. Tekanan darah dan kolesterol tinggi merupakan faktor risiko penyakit jantung yang paling umum.

5. Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat jambu biji yang sayang untuk dilewatkan selanjutnya adalah dapat membantu menurunkan berat badan.

Bagi Anda yang sedang menurunkan berat badan, jambu kristal dapat menjadi pilihan buah untuk dikonsumsi setiap hari. Jambu kristal memiliki kandungan serat tinggi dan kalori yang rendah, sehingga aman dan cocok untuk dijadikan camilan ketika sedang melakukan program penurunan berat badan.