Manfaat Jagung

  • Mengatasi konstipasi

Untuk mengatasi sembelit atau konstipasi, ada beberapa hal yang perlu dilakukan yaitu perbanyak aktivitas fisik (olahraga), minum air putih, dan perbaiki pola makan. Makanan yang harus masuk ke sistem pencernaan kita saat mengalami konstipasi, diutamakan yang mengandung banyak serat. Makanan jenis ini merupakan obat pencahar alami yang baik untuk membantu mengatasi gangguan pencernaan tersebut. Salah satu makanan yang direkomendasikan adalah jagung.

Olahan jagung yang juga dianggap efektif mengatasi konstipasi adalah popcorn atau berondong jagung. Hanya saja, jauhkan tambahan lain, seperti garam dan mentega, agar kebaikannya dapat dirasakan tubuh secara maksimal. Jagung dan popcorn termasuk kelompok padi-padian utuh. Menambahkan porsi padi-padian utuh dalam diet adalah solusi efektif dalam mengobati sembelit.

  • Menurunkan risiko diabetes dan mengontrol kadar gula darah

Jagung termasuk dalam kelompok makanan dengan indeks glikemik rendah, sehingga baik bagi Anda yang mengalami prediabetes, suatu keadaan yang menunjukkan Anda berisiko mengalami diabetes tipe 2.

Penderita diabetes sebaiknya memilih sumber karbohidrat dengan bijak, karena karbohidrat dapat menaikkan kadar gula darah. Sumber karbohidrat yang didapatkan dari sayuran yang mengandung pati dapat menjadi salah satu pilihan yang baik karena karbohidrat jenis ini adalah karbohidrat kompleks yang baik bagi kesehatan. Jadi, penderita diabetes bisa memanfaatkan jagung sebagai salah satu sumber karbohidrat yang sehat.

  • Baik untuk kesehatan jantung

Manfaat jantung yang kaya nutrisi juga memiliki dampak baik bagi kesehatan jantung. Berbagai penelitian menemukan bahwa pola makan tinggi serat dan protein serta menghindari lemak jahat, merupakan salah satu faktor penting dalam pencegahan penyakit jantung. Salah satu jenis makanan ini adalah jagung. Mereka yang rutin mengonsumsi jagung dan kacang-kacangan sebagai pengganti nasi putih, terlihat memiliki risiko lebih kecil untuk terkena penyakit jantung.

  • Mengatasi depresi

Selain menjadi kunci untuk mendapatkan kondisi fisik yang sehat, makanan yang kaya nutrisi juga baik untuk menjaga kesehatan mental. Meski nutrisi atau pola makan tertentu yang bisa menyembuhkan depresi belum ada, namun ada penelitian yang menunjukkan bahwa nutrisi yang baik mempunyai kaitan dengan kesehatan mental seseorang.

Salah satu sumber makanan yang memiliki fungsi tersebut adalah padi-padian utuh. Jagung sendiri termasuk salah satu jenis makanan kelompok padi-padian utuh. Dari padi-padian utuh, kita bisa mendapatkan karbohidrat kompleks, vitamin B, dan asam lemak omega-3 sebagai nutrisi esensial yang dibutuhkan otak.

Namun sekali lagi, jagung tidak bisa melakukannya sendirian. Aneka nutrisi yang berasal dari jenis-jenis makanan lain juga tetap diperlukan untuk menjaga kesehatan otak.

  • Baik untuk kesehatan mata

Katarak dan degenerasi makula merupakan salah satu penyebab kebutaan yang paling umum. Ada beberapa hal yang dapat meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit ini, yaitu proses penuaan dan nutrisi.

Asupan nutrisi yang mengandung antioksidan berupa karotenoid, seperti zeaxanthin dan lutein, diperlukan untuk menjaga kesehatan mata. Lutein dan zeaxanthin berperan dalam menangkal efek kerusakan sel mata sehingga diduga dapat mengurangi risiko degenerasi makula dan katarak.

Dan tahukah Anda? Zeaxanthin dan lutein dapat ditemukan pada jagung atau olahan jagung.

  • Mencegah penyakit divertikulosis

Berdasarkan sejumlah penelitian, manfaat jagung disebut dapat mencegah penyakit divertikulosis. Hasil studi yang melibatkan 47.228 pria selama 18 tahun menunjukkan bahwa rajin mengonsumsi popcorn dapat menurunkan risiko terkena penyakit divertikulosis sebanyak 28%. Namun manfaat jagung sebagai pengobatan penyakit ini masih perlu dikaji lebih lanjut.