Manfaat Gandum Bagi Kesehatan

1. Sumber serat dan nutrisi lainnya

Salah satu alasan gandum direkomendasikan sebagai makanan pokok adalah karena kandungan serat di dalamnya.

Gandum memiliki kandungan baik serat larut dan tidak larut yang dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan serat dari roti gandum diketahui lebih tinggi jika dibandingkan dengan kandungan serat dari roti putih. Selain memiliki kandungan serat yang tinggi, kandungan makronutrien dalam gandum juga lengkap meliputi karbohidrat, lemak, dan protein.

2. Meningkatkan sistem pencernaan

Konsumsi gandum secara rutin dapat memberikan manfaat berupa pencernaan yang lebih sehat.

Kandungan serat dalam gandum akan membantu usus agar dapat bekerja lebih teratur. Gandum juga dipercaya dapat mencegah divertikulosis, yaitu pembentukan katung kecil dalam dinding usus besar yang dapat menyebabkan berbagai masalah pencernaan. Gandum juga memiliki kandungan senyawa yang dapat bertindak sebagai prebiotik.

3. Membantu menurunkan kolesterol

Manfaat gandum yang kedua adalah dapat menurunkan kadar kolesterol jahat.

Gandum utuh dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah dengan cara mencegah penyerapan LDL (low density cholesterol) atau dikenal juga dengan kolesterol jahat. Selain itu, konsumsi gandum utuh juga dipercaya dapat menurunkan kadar trigliserida dalam darah.

4. Membantu menurunkan tekanan darah

Selain dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah, manfaat lain gandum adalah dapat menurunkan tekanan darah.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa sekelompok pria yang mengonsumsi lebih dari tujuh porsi sereal gandum utuh per minggu memiliki risiko 19% lebih rendah terkena hipertensi daripada mereka yang hanya mengonsumsi satu atau kurang.

5. Mengontrol gula darah

Konsumsi gandum utuh dipercaya dapat membantu mengontrol gula darah, bahkan menurunkan risiko diabetes tipe 2.

Hal ini disebabkan karena kebanyakan gandum memiliki kandungan serat yang tinggi dan dapat mengendalikan berat badan serta mencegah obesitas atau kelebihan berat badan. Obesitas merupakan salah satu faktor risiko utama dari diabetes.

Selain itu, kadar magnesium yang banyak terkandung dalam gandum utuh juga dipercaya dapat membantu metabolisme karbohidrat yang terikat dengan sensitivitas insulin.

6. Menurunkan risiko penyakit kardiovaskular

Manfaat gandum selanjutnya masih terkait dengan manfaat gandum yang dapat menurunkan kadar kolesterol, menjaga tekanan darah, dan mengontrol kadar gula darah.

Ya, baik kadar kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, dan juga gula darah tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular mulai dari serangan jantung hingga stroke. Maka dari itu, dengan adanya manfaat tersebut, gandum dipercaya sebagai makanan yang baik untuk kesehatan jantung.

7. Membantu mengontrol berat badan

Sebelumnya sudah disinggung bahwa gandum utuh dapat membantu mengontrol berat badan dan mencegah obesitas berkat kandungan serat di dalamnya.

Olahan gandum dapat menjadi pilihan untuk membantu menurunkan berat badan dan mendapatkan berat badan yang ideal. Seperti yang kita ketahui bahwa obesitas tidak hanya dapat meningkatkan risiko diabetes, tapi juga banyak penyakit lainnya seperti penyakit jantung, stroke, dan penyakit kronis lainnya.