Manfaat Buah Naga

Buah naga merupakan buah yang termasuk jenis tumbuhan kaktus, buah naga berasal dari negara Meksiko, Amerika Tengah, Amerika Selatan, dan sekarang sudah dibudidayakan di berbagai negara Asia seperti Taiwan, Indonesia, Malaysia, Vietnam serta Filipina. Buah ini juga dapat ditemui di Okinawa, Australia bagian Utara, dan Tiongkok bagian Selatan. Buah naga berbentuk agak lonjong yang bentuknya sama persis seperti buah alpukat.

Masyarakat Vietnam dan cina menganggap buah naga ini membawa berkah, oleh sebab itu buah naga tersebut diletakkan di antara dua ekor patung naga yang berwana hijau di atas meja altar. Dikarenakan warna buah naga tersebut yang berwarna merah terlihat mencolok di antara warna naga-naga yang hijau.

Tanaman buah naga dapat dikembangan dalam kondisi tanah serta ketinggian lokasi apapun. Namun apabila tanah tersebut mengandung pupuk yang bagus, maka tanaman buah naga tersebut akan lebih cepat berkembang. Tanaman buah naga sendiri terdiri dari akar, duri, batang, bunga, dan buah. Akar tumbuhan buah naga termasuk akar serabut, akar tersebut tumbuh di sepanjang batang pada bagian punggung sirip di sudut batang tumbuhannya. Pada bagian durinya akan tumbuh bunga. Bunga yang tidak jatuh ke tanah akan berkembang menjadi buah. Bunga pada tumbuhan buah naga akan mekar pada awal senja jika kuncup bunga tersebut berukuran sekitar 3 cm. Kulit dari buahnya berwarna merah untuk jenis buah naga yang dimana daging buahnya berwarna putih dan merah serta berwarna merah gelap untuk daging buah yang berwarna hitam dan berwarna kuning untuk daging buah yang berwarna kuning.

Apabila ingin dikonsumsi buah naga tersebut harus terlebih dahulu dibelah hingga daging buahnya terlihat. Tekstur dari daging buah naga persis seperti buah kiwi. Daging buahnya terasa agak manis ketika di makan dan memiliki kandungan kalori yang rendah.

Lalu apa itu manfaatnya? manfaat dari buah naga yaitu :

  1. Membantu menyembuhkan penyakit kanker.
  2. Mempercantik penampilan.
  3. Menyembuhkan penyakit diabetes.
  4. Menjaga kesehatan dan stamina tubuh.
  5. Mencegah penyakit osteoporosis (penyakit tulang).
  6. Menurunkan kadar kolestrol.
  7. Menyembuhkan batuk
  8. Menyembuhkan penyakit asma.
  9. Mengatasi tekanan darah tinggi.
  10. Membantu mengurangi berat badan.