Manfaat Buah Jambu Biji Merah bagi Kesehatan dan Kecantikan!

1. Mencegah Kanker

Manfaat buah jambu biji merah untuk kesehatan yang pertama adalah dapat mencegah kanker. Jambu biji mengandung zat antioksidan yaitu flavonoid dan fitonutrien yang efektif untuk mencegah kanker.

Kandungan vitamin C dosis tinggi sebagai antioksidan di dalamnya juga bermanfaat untuk menetralkan radikal bebas penyebab kanker. Kandungan antioksidan ini tidak hanya terdapat di buah jambu biji saja, tapi juga di daunnya.

2. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Jambu biji adalah buah yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jambu biji mengandung vitamin C tinggi yang bisa mencegah tubuh terserang berbagai penyakit. Bahkan kandungan vitamin C dalam jambu biji melebihi kandungan vitamin C di jeruk.

Manfaat buah jambu biji merah untuk kesehatan dengan kandungan vitamin C yang tinggi ini salah satunya adalah dapat mengurangi risiko terkena penyakit infeksi. Selain itu, vitamin C juga penting untuk menjaga kesehatan tulang, gigi, gusi, dan pembuluh darah, membantu dalam penyembuhan luka, meningkatkan fungsi otak, serta membantu tubuh menyerap zat besi.

3. Menurunkan Tekanan Darah dan Kolesterol

Manfaat buah jambu biji merah juga dapat menjaga tekanan darah, sebab jambu biji mengandung kalium yang bermanfaat untuk melindungi tubuh dari pengaruh eksternal yang bisa merusak kesehatan tekanan darah. Jambu biji merupakan buah yang sebaiknya kamu konsumsi jika menderita darah tinggi.

Selain itu, berdasarkan sebuah penelitian, disebutkan bahwa mengonsumsi buah jambu biji dapat menurunkan kolesterol jahat dan menurunkan tekanan darah. Hal ini bisa didapatkan karena kandungan vitamin C dan serat dalam jambu biji. 

4.Menyehatkan Kulit

Jambu biji mengandung vitamin A, nutrisi yang penting untuk meningkatkan kesehatan kulit. Buah ini juga bermanfaat untuk mengeluarkan antioksidan yang bisa membuat kulit Anda terlihat segar kembali.

Selain itu, kandungan zat antioksidan tinggi dalam jambu juga mampu menetralkan radikal bebas dan mencegah terjadinya stres oksidatif penyebab penuaan dini.   

5.Mencegah dan Mengatasi Diabetes

Masih berkaitan dengan kandungan seratnya, manfaat buah jambu biji merah juga bisa dijadikan obat alami bagi penderita diabetes. Selain itu secara medis, buah ini juga terbukti untuk mencegah lonjakan gula.

Dalam sebuah penelitian disebutkan jambu biji diduga secara signifikan dapat mengurangi gejala diabetes, serta mengurangi kerusakan akibat proses peradangan dan oksidasi pada penderita diabetes. Kamu bisa berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya.