Manfaat Buah Durian untuk Kesehatan, Jarang Diketahui!

Sumber energi yang baik

100 gram buah ini memberikan sekitar 21% dari kebutuhan karbohidrat harian. Durian merupakan sumber karbohidrat yang kaya, sangat membantu dalam mengisi kembali tingkat energi. Karbohidrat bermanfaat untuk menyediakan energi untuk olahraga dan kegiatan sehari-hari. Durian cocok untuk cemilan sebelum berolahraga. Ini tinggi karbohidrat, yang memberikan pelepasan energi cepat untuk membuat Anda menjadi kuat selama berolahraga.

Bertindak sebagai anti-depresi alami

Durian secara alami kaya akan vitamin B6 yang penting untuk produksi serotonin. Kadar serotonin yang rendah dapat memicu depresi. Asupan durian disarankan untuk meningkatkan kadar serotonin agar dapat mengatasi depresi. Durian mengandung triptofan. Ketika triptofan memasuki otak itu akan dikonversi menjadi serotonin, yang menginduksi perasaan relaksasi dan kebahagiaan. Kelebihan serotonin kemudian melepaskan melatonin ke dalam aliran darah, yang menyebabkan tubuh lebih rileks.

Kuatkan tulang

Manfaat buah durian kaya akan kalsium, kalium dan vitamin B. Kehadiran vitamin kalsium, kalium dan B dalam jumlah yang signifikan membuat buah ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi dan tulang. Kalsium sangat penting untuk perkembangan, pertumbuhan, dan pemeliharaan tulang. Orang-orang yang tidak mengonsumsi kalsium yang cukup sebelum usia 20-25 memiliki risiko yang jauh lebih tinggi terkena penyakit tulang rapuh atau osteoporosis di kemudian hari.

Cegah penuaan

Manfaat buah durian selanjutnya adalah mencegah penuaan dini. Durian juga kaya akan vitamin C. Vitamin C adalah antioksidan kuat yang membantu menjaga stres oksidatif yang ditimbulkan oleh radikal bebas. Semakin rendah tingkat stres oksidatif, semakin lambat proses penuaan. Hanya dengan dua biji durian, buahini sudah mengandung lebih banyak vitamin C daripada kebanyakan buah tropis.

Stabilkan gula darah

Durian memiliki indeks glikemik (GI) yang lebih rendah daripada banyak buah tropis lainnya. Semakin kecil angka indeks glikemik, semakin sedikit dampak makanan pada gula darah. Durian juga mengandung mangan yang cukup untuk membantu dalam pengaturan dan pemeliharaan kadar gula darah.