Manfaat Buah Duku untuk Kesehatan

1. Kaya serat

Mengonsumsi 100 gram buah duku segar, dinilai dapat memenuhi 8-11% rekomendasi konsumsi serat harian. Seperti yang sudah kita ketahui, peran serat dalam menjaga kesehatan tubuh sangatlah penting, seperti melancarkan pencernaan hingga mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung.

2. Mengandung banyak antioksidan

Manfaat buah duku selanjutnya, didapatkan dari kandungan antioksidannya yang melimpah. Antioksidan akan membantu mencegah kerusakan sel tubuh akibat paparan radikal bebas berlebih. Paparan tersebut dapat menyebabkan penuaan dini dan meningkatkan risiko terjadinya penyakit seperti jantung dan stroke.

3. Sumber vitamin B

Buah duku juga dapat dijadikan sebagai sumber vitamin B alami tubuh, terutama vitamin B2 atau riboflavin. Vitamin B, berguna untuk membantu mengolah karbohidrat yang kita konsumsi agar menjadi energi serta menjaga sistem saraf agar dapat bekerja dengan baik.

4. Mengandung vitamin A

Selain wortel, buah duku juga bisa menjadi sumber vitamin A untuk Anda. Kandungan vitamin ini, membuat manfaat buah duku untuk kesehatan semakin beragam.

Sebab, vitamin A merupakan komponen yang penting untuk menjaga berbagai fungsi tubuh dapat berjalan dengan baik. Vitamin yang satu ini, penting untuk menjaga kesehatan kulit, mata, gigi, dan jaringan.

5. Berpotensi mencegah malaria

Ekstrak yang didapatkan dari biji buah duku, dinilai berpotensi untuk membantu pencegahan malaria. Selain itu, kulit dan daun dari tanaman ini mengandung senyawa kimia yang dinilai dapat mencegah pertumbuhan Plasmodium falciparum, parasit penyebab malaria.