Manfaat Biji Nangka Pada Tubuh

  • Menjaga kesehatan pencernaan

Biji nangka mengandung serat larut dan tidak larut. Serat dapat membantu melancarkan gerakan usus dan melembutkan feses sehingga lebih mudah dikeluarkan. Tak hanya itu, serat juga dianggap sebagai probiotik yang membantu memberi asupan pada bakteri baik dalam usus.Bakteri tersebut memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan pencernaan dan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Sejumlah penelitian pun menemukan bahwa meningkatkan asupan serat bisa meringankan sembelit, gejala wasir, dan mencegah radang usus.

  • Mencegah infeksi bakteri

Penelitian menunjukkan bahwa biji nangka memiliki efek antibakteri. Sebuah studi menemukan adanya senyawa-senyawa kecil pada permukaan biji nangka yang bertindak sebagai agen antibakteri.Ketika diuji terhadap bakteri E.coli, disimpulkan bahwa biji nangka memiliki potensi untuk menjadi obat alami bagi penyakit yang ditularkan melalui makanan terkontaminasi. Bahkan dalam pengobatan tradisional, biji nangka juga banyak digunakan untuk meredakan diare.

  • Mengatasi anemia

Zat besi yang terkandung dalam biji nangka dapat membantu mengobati anemia dan mencegah beberapa kelainan darah. Selain itu, zat besi juga dapat mengatasi kelesuan yang menjadi gejala dari anemia.Zat besi juga berperan penting dalam meningkatkan produksi sel darah merah sehingga kekebalan tubuh meningkat dan mencegah penyakit.

  • Meningkatkan gairah seks

Zat besi dalam biji nangka dipercaya dapat merangsang kenikmatan seksual. Bahkan dalam pengobatan tradisional Asia, biji nangka digunakan untuk mengobati berbagai gangguan seksual.Namun, sejauh ini belum ada penelitian atau jurnal ilmiah yang membuktikan manfaat biji nangka ini pada manusia.

  • Meningkatkan kesehatan rambut

Kandungan protein yang kaya dalam biji nangka dipercaya mampu meningkatkan kesehatan rambut. Tak hanya itu, zat besi dalam biji nangka pun dapat meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala sehingga mendorong pertumbuhan rambut dan mengurangi rontok.

  • Menurunkan kolesterol

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa biji nangka dapat memperbaiki kadar kolesterol dalam tubuh karena mengandung serat dan antioksidan yang tinggi.Sebuah studi pada tikus pun menemukan bahwa mengonsumsi lebih banyak biji nangka bisa menurunkan kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan kolesterol HDL (kolesterol baik). Sayangnya, temuan ini baru terbatas pada studi hewan saja, dan dibutuhkan studi lebih lanjut pada manusia.

  • Memiliki sifat antikanker

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa biji nangka memiliki sifat antikanker karena senyawa tanaman dan antioksidan yang terkandung di dalamnya. Biji nangka kaya akan antioksidan, khususnya flavonoid, saponin, dan fenolik.