Makanan yang Harus di Konsumsi Ketika Musim Hujan

1. Sup ayam

Sup ayam merupakan makanan paling nyaman dikonsumsi saat tubuh sedang sakit dan membutuhkan kehangatan. Sup ayam biasanya mengandung nutrisi dari sayuran dan ayam yang digunakan, seperti bawang putih yang menjadi bumbu utama untuk memperkuat imunitas dan mencegah tubuh dari serangan demam dan flu. Selain itu, mengonsumsi sup ayam saat masih panas juga bisa menghangatkan tubuh dan melegakan pernapasan.

2. Capcay

Makanan yang terdiri dari sayuran ini juga termasuk makanan yang bergizi. Biasanya, capcay dimasak dengan berbagai sayuran, seperti wortel, kembang kol, caisim, jagung muda, dan brokoli. Sayur-sayuran ini kaya nutrisi dan vitamin yang bagus untuk menjaga kesehatan tubuh.

3. Sup labu

Selain sup ayam, sup labu juga dapat menjadi makanan pilihan saat musim hujan karena kaya akan vitamin A dan antioksidan, seperti litein dan karoten. Sup labu tidak hanya bisa menghangatkan tubuh, tetapi juga bisa membuat kenyang lebih lama karena kandungan seratnya yang tinggi.

4. Sayur asem

Sayur asem merupakan sop sayur dengan kuah asam berasal dari daerah Jawa Barat. Di dalam sayur asam ada berbagai macam sayuran, seperti jagung, daun biji melinjo, nangka muda, dan kacang panjang. Makanan ini dipercaya dapat melancarkan pencernaan dan menuntaskan sembelit. 

5. Jahe

Jahe yang hangat dapat meningkatkan metabolisme tubuh, terutama saat musim hujan. Anda bisa mencampurkan sedikit jahe ke dalam air hangat bersama dengan teh dan lemon. Selain itu, tambahkan madu untuk mendapatkan manfaat yang maksimal. 

6. Buah pir

Buah pir juga sering dijadikan sebagai buah yang baik untuk dikonsumsi saat musim hujan karena kandungan vitamin C dan vitamin B12. Selain itu, buah pir juga merupakan antipiretik alami yang bisa meredakan demam.

7. Apel

Selain buah pir, apel juga bisa menjadi buah yang baik dikonsumsi saat musim hujan karena kaya akan berbagai vitamin. Selain itu, apel juga bisa membantu menjaga kesehatan tubuh dan memastikan sistem pencernaan tetap lancar.

8. Ronde jahe

Ini makanan yang paling lezat dan menghangatkan tubuh ketika dikonsumsi saat malam hari, apalagi ketika sedang turun hujan. Makanan tradisional ini berisi olahan tepung ketan berwarna-warni  dan diisi gula merah, lalu disiram memakai kuah jahe manis panas dan kacang tanah. 

9. Sup ikan

Selain sup ayam, Anda juga bisa memilih sup ikan untuk menjadi sajian saat musim hujan. Anda bisa memakai ikan nila atau gurame untuk dijadikan bahan utama sup. Ikan mengandung banyak vitamin dan asam lemak omega-3 yang baik untuk menjaga kesehatan.

10.  Pepaya

Satu lagi buah yang kaya akan vitamin C dan baik untuk menjaga kesehatan tubuh selama musim hujan, yaitu pepaya. Selain itu, pepaya juga baik untuk menjaga metabolisme tubuh dan memberikan energi pada tubuh.

ok guys… ini adalah daftar makanan yang baik di konsumsi ketika musim hujan.