Makanan yang Dapat Membuat Kulit Lebih halus dan Lembut

1. Sitrus

Lihat FotoBuah-buahan yang masuk golongan sitrus, seperti jeruk, jeruk bali, lemon, dan jeruk nipis bisa memberikan kita kulit yang sempurna.

CEO dan founder perawan kulit MMXV INFITIUDE, Mirela Mitan, Ph.D menjelaskan, vitamin C yang terkandung di dalamnya bisa membantu produksi kolagen di kulit.

“Asupan vitamin C adalah elemen kunci untuk mendapatkan kulit yang halus dan lembut,” ujar Mintan.

Selain itu, Vitamin C juga kaya akan antioksidan yang bisa membantu menangkal kerusakan kulit akibat sinar matahari, garis halus, dan hiperpigmentasi.

Artinya, menjadi rutinitas yang baik jika kita mengkonsumsi jeruk sekaligus mengaplikasikan serum wajah dengan kandungan sitrus.

2. Blueberry

Lihat FotoPigmentasi ungu yang dikandung dalam blueberry memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi.

Bluebery mengandung antosianin yang bermanfaat untuk memerangi kanker dan bioflainoid yang berfungsi mencegah peradagang.

Mitan mengatakan, mengkonsumsi blueberry juga bisa membersihkan racun di kulit, seperti radikal bebas, yang masuk dari luar.

3. Teh hijau

Lihat FotoDalam kondisi panas, teh hijau akan melepaskan katekin, tipe antioksidan yang terbukti mencegah peradangan dan melawan kanker.

Creator BetterThaDieting.com, Bonnie Taub-Dix, R.D.N menjelaskan, kandungan ini juga mampu memperlancar aliran darah ke kulit.

Studi yang dipublikasikan di The Journal of Nutritional Biochemistry pada 2007 menemukan bahwa meminum dua hingga enam cangkir teh hijau dalam sehari bisa mencegah kanker kulit.

Meski begitu, konsumsi teh hijau tetap harus dibarengi dengan penggunaan tabir surya sebagai pelindung kulit.

4. Bayam

Lihat FotoBayam bisa menjadi benteng pelindung tubuh dari penyakit kanker. Sebuah studi yang dipublikasikan di International Journal of Cancer, menemukan bahwa konsumsi bayam dan sayuran berdaun hijau lainnya mampu menurunkan risiko terkena squamous cell carcinoma, salah satu bentuk kanker kulit paling umum.

Menurut Mitan, vitamin E dan beta karoten yang terkandung dalam bayam mampu melindungi sel kulit dari kerusakan paparan radikal bebas.

Di samping itu, kandungan air dalam sayuran hijau bisa membuat kulit lebih kenyal dan meminimalisasi kerutan.

5. Ubi

Lihat FotoSeperti jeruk, ubi juga mengandung banyak vitamin C, yang bisa mencegah timbulnya kerutan.

Faktanya, sebuah studi di The American Journal of Clinical Nutrition mengungkapkan bahwa partisipan yang mengkonsumsi sekitar empat miligram vitamin C setiap harinya dalam tiga tahun mampu mengurangi kerutan hingga 11 persen.

Taub-Dix menjelaskan, kandungan beta karoten yang tinggi mampu menjaga kulit kita tetap berkilau.


6. Tomat

Lihat FotoLikopen, fitokimia yang membuat warna tomat menjadi merah, mampu mengeliminasi radikal bebas di kulit yang muncul karena paparan sinar ultraviolet.

Tubuh kita akan mendapatkan perlindungan ekstra jika sayuran tersebut dihangatkan. Taub-Dix mengatakan, kita juga bisa mengkonsumsi tomat lewat pizza atau pasta.

Setengah cangkir tomat matang atau saus pasta mengandung 16 miligram likopen. Jika digabungkan dengan penggunaan tabir surya setiap harinya, kulitmu akan tetap sehat.