Makanan yang Baik Bagi Penderita Jantung

1. Kacang

Kacang-kacangan merupakan salah satu makanan dengan kandungan fitonutrien yang tinggi. Selain itu, kacang-kacangan juga kaya akan kandungan serat dan air, sehingga membuat kamu cepat kenyang. Hal ini dapat mencegah kamu mengonsumsi banyak kalori. Makanan ini juga mengandung antioksidan, yang dapat mencegah kerusakan sel akibat paparan radikal bebas.

2. Biji-bijian Utuh

Biji-bijian utuh seperti gandum, beras merah, dan jagung yang dikonsumsi sebagai sumber utama karbohidrat, dapat menurunkan risiko penyakit jantung, diabetes, dan obesitas. Hal ini karena biji-bijian memiliki kandungan protein, serat, antioksidan, vitamin B, dan mineral seperti zat besi, zinc, dan magnesium.

3. Anggur

Buah anggur dapat mencegah penyakit jantung dan hipertensi. Hal ini karena buah anggur memiliki kandungan serat dan flavonoid yang baik untuk mencegah kerusakan jantung.

Baca juga: Makanan Kaya Serat Ampuh Cegah Penyakit Jantung Koroner

4. Buah Beri

Aneka buah beri seperti blueberrystrawberryraspberry, dan blackberry, dapat menjadi camilan sehat yang baik bagi jantung. Manfaat ini didapat karena buah beri memiliki kandungan serat dan antioksidan, yang mampu menurunkan risiko serangan jantung. Meski demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut tentang efek buah beri terhadap kesehatan jantung.

5. Apel

Buah apel dapat mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh dan membantu pengaturan gula darah, sehingga secara tidak langsung dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Selain mengandung fitonutrien, buah apel juga mengandung senyawa lain yang baik untuk jantung, yaitu epicatechin. Senyawa ini merupakan zat antioksidan yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. 

6. Bawang Putih

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan jantung adalah memelihara tekanan darah agar tidak terlampau tinggi. Hal ini berarti kamu perlu membatasi asupan garam, karena dapat meningkatkan tekanan darah. Nah, bawang putih mungkin dapat menjadi solusinya, karena bisa dijadikan sebagai pengganti garam alami yang dapat menambah rasa gurih pada makanan, tanpa memengaruhi tekanan darah.