Makanan Sehat untuk Penderita Diabetes, Tak Hanya Sayuran Saja

Penyakit diabetes merupakan kondisi di mana hilangnya kemampuan tubuh untuk mengendalikan kadar gula darah. Untuk itu penderita diabetes harus mengatur pola makan karena jika tidak kadar gula dalam tubuh akan mengalami kenaikan drastis.

Pada umumnya, kadar gula yang tidak stabil dapat membahayakan kesehatan tubuh, selain menjadi pemicu diabetes, kadar gula berlebih juga dapat menyebabkan penyakit kronis lain.

Dalam dunia medis, terdapat beberapa jenis diabetes. Namun kasus yang paling sering terjadi di masyarakat adalah diabetes tipe 2, yang mana jenis diabetes ini sebenarnya bisa dicegah dengan menerapkan pola hidup sehat. Berikut 6 makanan sehat yang baik dikonsumsi oleh penderita diabetes:

1. Brokoli

Brokoli merupakan salah satu sayuran yang selalu disarankan tiap kali seseorang hendak menjalankan pola hidup sehat salah satunya pola hidup sehat penderita diabetes. Brokoli memang memiliki banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh seperti Vitamin A, Vitamin B, Vitamin C, Serat, Protein, Karbohidrat Kompleks, Mineral Kalium, Magnesium, Kalsium, Fosfor, Zinc dan Zat Besi.

Mengonsumsi brokoli dipercaya dapat meningkatkan daya tahan tubuh apalagi bagi penderita diabetes. Kandungan kromium dalam brokoli di mana peningkatan senyawa ini dalam tubuh dapat mendorong peningkatan sensitivitas insulin dalam tubuh yang bermanfaat untuk mengendalikan glukosa dan faktor-faktor terkait lainnya yang menyertai timbulnya diabetes.

Kamu bisa mengonsumsi makanan sehat ini sebagai hidangan salad atau menjadikannya sebagai cah brokoli dengan catatan memasaknya jangan terlalu lama karena dapat menghilangkan nutrisi di dalamnya.

2. Ubi Jalar

Di sejumlah daerah di Indonesia ubi jalar kerap dijadikan sebagai makanan pokok atau dijadikan olahan untuk membuat cemilan sebagai teman minum teh, kopi atau wedang bajigur. Ubi jalar mengandung Vitamin A, Vitamin C , Vitamin B6, Vitamin B9, Kalium, Kolin, Beta Karoten, dan Serat.

Karena banyaknya nutrisi yang terkandung dalam makanan sehat satu ini, tidak mengherankan bila makanan ini kerap dijadikan pengganti nasi saat sedang menjalani program diet atau bagi kamu penderita diabetes.

Beberapa manfaat yang bisa diperoleh jika mengonsumsi ubi jalar ialah mengurangi resiko terkena kanker, menjaga kekebalan tubuh, membantu sistem pencernaan menjadi lebih baik dan terhindar dari sembelit, mencegah penyakit diabetes, dan membantu menurunkan tekanan darah.

3. Kacang Polong

Kacang polong mengandung nutrisi dan vitamin yang luar biasa meliputi vitamin A, vitamin K, vitamin B kompleks, magnesium, vitamin C, kalium, protein dan serat. Tidak heran bila kacang polong bisa dijadikan salah menu pilihan bagi kamu penderita diabetes karena kacang polong juga rendah kalori.

100 gram kacang polong hanya mengandung 80 kalori. Makanan rendah kalori merupakan makanan yang penting untuk mengontrol kadar gula darah. Dua porsi kacang polong sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian saat hamil. Cara mengonsumsi kacang polong kamu bisa menambahkannya ke dalam menu sup yang diberi sedikit garam dan lada.

4. Nasi Merah

Beras merah memiliki kandungan serat sekitar 3 gram yang mana kandungan tersebut lebih tinggi ketimbang nasi putih dengan kandungan serat sekitar 2 gram. Sehingga beras merah direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Bukan hanya itu beras merah juga memiliki berbagai kandungan vitamin dan mineral yang lengkap seperti Vitamin B, Zat Besi, Kalsium dan Zinc. Meskipun demikian penderita diabetes tetap harus mengontrol porsi konsumsi makanan sehat satu ini, tidak boleh berlebihan.

5. Bayam

Salah satu makanan sehat untuk penderita diabetes adalah bayam yang merupakan sayur hijau dengan banyak kandungan nutrisi di dalamnya salah satunya yaitu zat besi, protein, vitamin dan mineral.

Bayam dipercaya dapat menurunkan glukosa, meningkatkan sensitivitas insulin, mencegah stress oksidatif, menurunkan neuropati dan otonom. Kamu bisa mengonsumsi bayam dengan cara dijadikan sebagai sayur bening, tumis bayam maupun sebagai lalapan.