Makanan Khas Nusa Tenggara Barat

1. Makanan Khas NTB, Ayam Taliwang

Makanan khas NTB yang kesatu merupakan Ayam Taliwang. Makanan khas NTB ini merupakanmakanan yang sangat terkenal di Nusa Tenggara Barat yakni tepatnya di Pulau Lombok.

Ayam Taliwang ini merupakanmakanan yang terbuat dari ayam yang telah diberi bumbu khas Indonesia yang kaya akan rempah-rempah. Ayam Taliwang ini ternyata tak hanya terkenal di wilayah NTB loh, makanan khas Ayam Taliwang ini juga adalahmakanan khas Bali. Rasanya yang begitu enak menciptakan tidak tidak banyak orang menyukai makanan ini.

2. Sate Bulayak Khas NTB

Makanan khas NTB yang selanjutnya merupakan Sate Bulayak. Makanan khas yang satu berbeda dengan sate pada umumnya. Kalau seringkali banyak sekali sate terbuat dari daging kambing taau daging ayam, tetapi untuk Sate Bulayak ini terbuat dari daging sapi.

Makanan Khas NTB yang satu ini dijuluki dengan nama Sate Bulayak karena dalam menghidangkannya sate sapi ini juga diberi lontong atau biasa masyarakat NTB menyebutnya bulayak.

3. Makanan Khas NTB, Plecing Kangkung

Plecing Kangkung ini merupakansalah satu makanan yang sangat terkenal di kalangan masyarakat NTB sendiri. Makanan khas NTB yang satu ini biasanya menjadi hidangan pelengkap Ayam Taliwang.

Makanan khas NTB yang satu ini berbeda dengan makanan khas pada distrik lainnya. meskipun tidak tidak banyak makanan serupa yang berbahan dasar kangkung tetapi makanan yang satu ini mempunyai teknik penyajian yang cukup unik. Jika tidak sedikit sekali makanan disajikan pasa saat makanan masih dalam keadaan panas, namun Plecing Kangkung ini disajikan dalam keadaan dingin dan ditambahkan dengan sambal tomat dengan rasa segra dan manis.

4. Jaje Tunjak Lapis Poteng Khas NTB

Makanan khas NTB yang selanjutnya merupakansebuah camilan yang sering dinikmati oleh masyarakat Lombok. Makanan khas yang satu ini terbuat dari ketan yang telah dicampur dengan parutan kelapa yang kemudian dikukus dengan ekstra tidak tidak sedikit garam sebagai perisanya. Untuk Poeng sendiri merupakantape ketan yang telah digabungkan dengan daun seger pada saat proses pembuatannya.

5. Makanan Khas NTB, Sate Pusut

Makanan Khas Nusa Tenggara Barat yang selanjutya merupakan Sate Pusut. Sate Pusut merupakankuliner khas NTB yang hampir serupa dengan sate-sate pada umumnya. Irisan daging pada Sate Pusut ini relatif lebih tidak sedikit dari sate pada umumnya. Sate ini dibumbui dengan bumbu khas yang kaya akan rempah-rempah sehingga membuat cita asa dari makanan khas NTB yang satu ini menjadi istimewa.