Makanan Diet yang Harus Dikonsumsi

Pada umumnya orang yang mempunyai masalah dengan berat badan terutama kegemukan, nah sekarang tidak perlu khawatir dan mengganggu porsi makan. Berikut daftar nama makanan yang wajib di konsumsi bagi seseorang yang ingin diet:

1. Makan daging dan ikan tinggi protein

Tahukah Anda, kalau makan protein dan lemak bisa menahan kenyang lebih lama? Ya, keju yang mengandung lemak, daging sapi, ayam dan ikan, rata-rata mengandung karbohidrat kurang dari 1 gram per ons.

Sedangkan jeroan seperti hati ayam hanya mengandung 0,17 gram karbohidrat dalam  takaran 2 ons. Meskipun mengandung lemak dan protein tinggi, kita harus pintar memilih sumber protein dengan lemak yang baik untuk mengganti asupan karbohidrat sehari-hari.

2. Makan sayuran rendah karbohidrat

Kebanyakan sayuran mengandung serat dan nutrisi penting untuk tubuh, tapi siapa sangka kalau beberapa sayuran juga mengandung karbohidrat. Untuk menurunkan berat badan, ada baiknya konsumsi jenis sayuran seperti brokoli, selada dan kembang kol, karena rata-rata sayuran ini  mengandung karbohidrat kurang dari 4 gram. Selain itu, kandungan serat dan air pada sayuran tersebut dicerna lama oleh tubuh sehingga Anda pun jadi kenyang lebih lama.

3. Makan buah rendah kandungan gula dan karbohidrat

Sama halnya dengan sayuran, ada buah-buahan tertentu yang mengandung karbohidrat tinggi. Anda harus mengurangi asupan buah seperti pisang, apel dan pir yang jumlah karbohidratnya lebih dari 30 gram.

Selain tinggi karbohidrat, buah tersebut mengandung gula fruktosa yang bisa menaikkan berat badan Anda. Disarankan untuk mengonsumsi buah-buahan seperti alpukat, strawberry, pepaya dan blewah yang mengandung karbohidrat kurang dari 10 gram.

4. Konsumsi snack tinggi serat sebelum makan besar

Saat sedang berusaha membuat berat badan berkurang, mengurangi asupan karbohidratsering terasa menyiksa. Selain itu, ada istilah orang Indonesia belum kenyang kalau belum makan nasi, jadi ada baiknya Anda snacking yangmengandung kedelai sekitar dua jam sebelum makan, untuk menghindari Anda makan nasi terlalu banyak.

Pilihlah snack kedelai terbuat dari kedelai dengan kandungan serat tinggi serta protein baik yang membuat perut jadi kenyang lebih lama. Anda pun tidak perlu takut mengalami kenaikan gula darah, karena snack kedelaimerupakan camilan dengan indeks glikemik yang rendah dan gluten free.