Makanan Dan Minuman yang Harus Di Hindari Ketika Perut Kembung!!

1. Sayur-sayuran perangsang gas

Faktanya, tidak semua jenis sayur-sayuran tepat untuk dikonsumsi dalam keadaan tertentu, terutama saat perut kembung. Sayur tersebut antara lain brokoli, kembang kol, kubis, paprika, bawang, dan sejenisnya. Sayuran tersebut mampu memicu produksi gas dalam tubuh yang berdampak signifikan pada perut kembung.

2. Makanan mengandung garam

Kandungan sodium yang terdapat dalam garam bisa membuat Anda kembung dan kekurangan air. Untuk sementara, kurangi konsumsi makanan mengandung garam terlebih dahulu sampai rasa kembung pada perut Anda mereda.

3. Minuman berkarbonasi  

Hindari minuman berkarbonasi seperti soda dan sparkling water yang akan membuat Anda semakin kembung. Menurut dr.Dyah Novita Anggraini, gelembung udara yang terkandung dalam minuman bersoda mengandung gas yang dapat terjebak di dalam perut Anda. Jika Anda mengonsumsi jenis minuman ini secara berlebihan, tentu saja bisa menyebabkan kondisi perut kembung.

Jika sudah terlanjur, segera netralisir dengan air putih atau teh hangat yang mampu membantu mengeluarkan gas dari perut secara alami.

4. Kopi

Sifatnya yang asam membuat kopi sebagai salah satu pemicu utama perut kembung. Hindari meminum kopi ketika perut Anda sedang kembung.

Saat Anda mengalami perut kembung akibat akumulasi gas berlebih dalam tubuh, sebaiknya Anda mengikuti kiat konsumsi asupan yang boleh dan tidak boleh yang diuraikan di atas. Bila indikasi perut kembung tak kunjung reda, segera periksakan diri ke dokter untuk penanganan yang lebih lanjut.