Kue Ombus – Ombus

Makanan khas Sumatera Utara ini lebih tepatnya berasal dari Siborongborong, Tapanuli Utara. Kue ini terbuat dari tepung yang diberi gula dibagian tengahnya dan kemudian dibungkus dengan daun pisang. Sesuai dengan namanya “Kue Ombus – Ombus” Ombus yang berarti menghembus , konon harus menghembuskan nafas ketika memakannya.

Kue yang satu ini sangat enak di makan ketika masih dalam keadaan hangat. Tidak jelas mulai kapan makanan ini mulai membudidaya. Namun, pada acara seremonial adat batak, biasanya kue ini menjadi hidangan yang dibarengi dengan kopi atau teh.

Itulah ulasan tentang makanan khas Sumatera Utara. Jika kamu berkunjung ke Sumatera Utara jangan lupa untuk mencicipinya makanan-makanan khasnya. Karena, makanan ini cocok dijadikan sebagai oleh-oleh atau sekedar menjadi makanan maupun cemilan saat ada di Sumatera Utara. Semoga bermanfaat.

Untuk resep pembuatannya silahkan simak di bawah ini.

Bahan-bahan

  1. 200 gr tepung beras
  2. 75 gr tepung ketan
  3. 75 gr gula putih
  4. 50 ml air putih
  5. segenggam kelapa parut kukus
  6. sedikit garam
  7. gula merah/brown sugar
  8. daun pisang

Langkah

  1. Campur rata tepung beras, tepung ketan, gula putih, kelapa dan garam, campur air putih, ratakan sampai berbulir bulir rata
  2. Kukus sebentar daun pisang supaya lentur, lau potong selebar jari
  3. Bentuk corong, isi dengan 2 sdm tepung, beri gula merah/brown sugar, beri lagi 2sdm adonan tepung
  4. Padatkan, ketuk2 k bawah spy corong daun bagian bawah penuh, tutup bagian atas, lipat, kunci dengan tusuk lidi atau staples
  5. Kukus 30menit d api sedang, hidangkan hangat2, yammiiii😋😋😋