Jenis Makanan Sehat yang Wajib Dikonsumsi Setiap Hari

Untuk bisa mendapatkan badan yang sehat, tentu Anda membutuhkan makanan yang sehat pula. Makanan yang sehat ialah makanan yang kaya akan gizi dan dibutuhkan oleh tubuh. Dewasa ini, beberapa orang mulai beralih untuk mengkonsumsi makanan yang lebih sehat dan mengandung banyak gizi.

Hal tersebut tentu bukan tanpa alasan. Gaya hidup yang modern membuat orang lebih menyukai hal-hal yang lebih praktis. Salah satunya dalam hal makanan. Makanan cepat saji menjadi hidangan favorit bagi sebagian besar orang dibandingkan dengan makanan sehat.

Selain mudah dan lebih praktis untuk dibuat, makanan cepat saji juga memiliki rasa yang lezat dan bisa membuat siapa saja selalu tergoda untuk mencicipinya. Meski lezat, namun kandungan lemak jahat yang ada di dalam makanan tersebut sangatlah tinggi. 

Tak heran, sekarang ini banyak sekali ditemukan penyakit yang di idap oleh masyarakat modern seperti diabetes, obesitas, stroke, serangan jantung dan lain sebagainya. Sadar akan penting menjaga kesehatan membuat sebagian besar orang kini mulai beralih untuk mengkonsumsi makanan yang lebih sehat dan kaya akan gizi.

Hal tersebut dilakukan tak hanya agar terhindar dari berbagai macam penyakit berbahaya, namun mengkonsumsi makanan sehat memiliki banyak sekali dampak positif bagi tubuh.

Beberapa dampak positif yang bisa Anda dapatkan mulai dari badan yang terlihat lebih segar, produktivitas meningkat, memperpanjang umur, membuat tampilan terlihat lebih awet muda. Nah, agar manfaat tersebut bisa Anda dapatkan dengan mudah, tentu Anda harus mengkonsumsi makanan sehat setiap harinya.

Berikut ini ada beberapa daftar makanan sehat yang bisa Anda konsumsi setiap hari untuk mendapatkan tubuh yang sehat dengan mudah:

Cokelat Hitam

Siapa yang tak suka dengan cokelat? Ternyata cokelat memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh Anda. Namun, coklat yang dikonsumsi bukanlah sembarang cokelat.

Cokelat hitam merupakan jenis cokelat yang baik untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Hal tersebut karena di dalam cokelat hitam terkandung antioksidan. Seperti yang telah Anda ketahui, antioksidan memiliki khasiat yang baik untuk menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh Anda.

Tak hanya itu, bahkan di dalam cokelat hitam tersebut juga terdapat kandungan gizi lainnya seperti flavonoid serta phytochemical fenolik. Beberapa zat tersebut memiliki kandungan yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan kandungan yang sama di dalam teh ataupun wine.

Sup Sayur

Makanan sehat lainnya yang harus Anda konsumsi setiap hari untuk meningkatkan kesehatan tubuh ialah sup sayur. Sayur sendiri merupakan makanan yang wajib untuk Anda konsumsi karena tingginya kandungan serat di dalamnya.

Bagi Anda yang sedang menjalani program diet, makan banyak sayur sangat dianjurkan untuk membantu menurunkan berat badan dengan lebih cepat. Selain serat, sayur juga memiliki berbagai macam kandungan gizi lainnya seperti zat besi, vitamin dan masih banyak lagi,

Beberapa jenis sayur yang baik untuk Anda konsumsi adalah bayam, brokoli, kacang panjang dan masih banyak lagi. Nah, agar lebih lezat, Anda bisa mengkonsumsi berbagai macam sayur tersebut dengan dibuat menjadi sup sayur.

Menurut sebuah studi dari The Pennsylvania State University, mengkonsumsi kurang lebih 25% lebih sedikit kalori saat makan sup sayur dapat membantu mengurangi berbagai macam resiko penyakit. Sup sayur ini bisa Anda nikmati untuk makan siang ataupun makan malam.

Brokoli

Sayuran hijau yang satu ini memang memiliki manfaat yang sangat baik bagi tubuh. Namun, meski memiliki manfaat baik bagi tubuh, tidak sedikit anak-anak yang benci dengan sayuran hijau tersebut. Padahal, di dalam brokoli terkandung berbagai macam nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Beberapa nutrisi tersebut adalah folat, lutein antioksidan, fitokimia dan masih banyak lagi yang lainnya. Antioksidan pada brokoli bisa menunda perkembangan degenerasi makula (AMD) sehingga membuat penampilan Anda terlihat lebih muda dan terhindar dari penuaan dini.

Tak hanya itu, bahkan kandungan fitokimia yang disebut dengan sulphoraphane ternyata memiliki sifat anti kanker. Dengan berbagai macam kandungan yang ada di dalamnya, hal tersebut juga menjadi alasan mengapa brokoli masuk ke dalam salah satu daftar makanan sehat yang wajib untuk dikonsumsi setiap hari.

Ikan

Saat ini, pemerintah sedang gencar menyuarakan agar masyarakat Indonesia makan ikan. Tentu, ajakan yang diserukan oleh pemerintah tersebut memiliki berbagai macam alasan. Ikan segar terlebih ikan tuna dan ikan salmon memiliki kandungan yang baik untuk tubuh terutama otak.

Salah satunya adalah kandungan omega 3 yang sangat baik untuk perkembangan otak anak. Bahkan, kandungan omega 3 tersebut juga baik untuk mengurangi trigliserida, tekanan darah serta proses inflamasi yang terjadi di dalam tubuh.

Nah, jika Anda memperhatikan masyarakat Jepang, salah satu kebiasaan yang mereka lakukan ialah dengan rutin mengkonsumsi ikan setiap harinya. Tak heran, jika Jepang kini menjadi negara maju karena memiliki masyarakat dengan kualitas otak yang baik dan harapan hidup yang lebih panjang.