Ingin Jantung Sehat? lihat daftar makanan berikut ini

1. Ikan Salmon

Menurut berbagai penelitian, ikan salmon dipercaya berguna untuk penurunan penyakit jantung di antaranya stroke, serangan jantung, tekanan darah tinggi dan dapat meningkatkan konsentrasi trigliserida dalam darah.
Salah satu kandungan ikan salmon yang penting bagi kesehatan jantung adalah asam lemak omega-3 yang merupakan asam lemak tak jenuh yang dipercaya dapat membantu menyehatkan jantung dengan cara mengurangi peradangan, membantu mengatur detak jantung yang tidak teratur, dan memperkuat otot-otot jantung.

2. Ikan Tuna

Kandungan lemak jenuh dalam ikan tuna terbilang rendah tetapi kandungan lemak yang sehat justru lebih tinggi. Ikan ini memiliki kandungan omega-3 jenis EPA (asam Eicosapentaenoic) dan DHA (asam Docosahexaenoic acid) yang tinggi, dengan begitu ikan ini sangat baik untuk mengurangi peradangan di dalam tubuh yang artinya makanan ini juga baik dikonsumsi untuk mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

3. Ikan Sarden

Ikan sarden memiliki kandungan asam lemak omega-3 dalam jumlah tinggi seperti EPA dan DHA untuk mengontrol kolesterol jahat dalam tubuh, mencegah plak arteri sehingga tekanan darah dalam tubuh menjadi lebih terkontrol. Selain itu, kandungan B12 yang terdapat dalam ikan sarden juga dapat mendukung sistem kardiovaskular yang menyehatkan jantung.

4. Yoghurt Rendah Lemak

Yoghurt merupakan produk olahan yang berbahan dasar susu yang sudah difermentasikan. Makanan ini menurut temuan yang dipublikasikan American Journal of Hypertension dapat menurunkan resiko penyakit jantung baik pada laki-laki maupun perempuan.

5. Blueberry

Blueberry dipercaya bermanfaat untuk membantu menurunkan kolesterol di dalam darah sehingga dapat menurunkan resiko terkena penyakit jantung. Manfaat tersebut didapat dari kandungan asam folat dan vitamin B6 sebagai nutrisi pencegah penumpukan senyawa homosistein. Senyawa inilah yang akan berdampak pada kerusakan pembuluh darah dan berujung pada masalah kesehatan jantung

6. Tahu

Kandungan protein tinggi yang terdapat dalam tahu bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh, tekanan darah tinggi dan resiko aterosklerosis. Zat aktif dalam tahu juga dipercaya dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) sehingga dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

7. Minyak Zaitun

Virgin olive oil atau minyak zaitun murni merupakan minyak yang didapatkan dari buah pohon zitun (Olea europaea L). Minyak zaitun murni mengandung alkaloid, sapanonin, dan tannin, flavonoid, apigenin, luteolin, chryseriol dan derivatnya serta kandungan omega-9 (Asam Oleic) yang memiliki manfaat untuk menurunkan LDL dan meningkatkan HDL melindungi tubuh dari serangan penyakit jantung yang jauh lebih besar jika dibandingkan dengan omega-3 dan omega-6.

8. Teh Hijau

Teh hijau berasal dari jenis tumbuhan Camellia sinensis. Minuman ini mulanya berasal dari Tiongkok yang biasanya disajikan dengan campuran madu atau dijadikan teh tubruk tanpa tambahan gula. Selain nikmat teh hijau juga memiliki banyak manfaat salah satunya adalah untuk mencegah penyakit jantung.

9. Alpukat

Lemak baik yang terkandung dalam alpukat dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Alpukat mengandung kalium nutrisi yang penting untuk jantung. Menurut beberapa penelitian mengonsumsi 4,7 gram kalium per hari bisa menurunkan tekanan darah dan mencegah penyakit jantung.

10. Kacang Almond

Kacang almond mengandung vitamin E, magnesium, serat, lemak tak jenuh tunggal, protein dan zat besi. Kandungan vitamin yang terdapat dalam kacang almond berupa magnesium bermanfaat untuk melancarkan dan meningkatkan aliran darah ke jantung.

11. Susu Kedelai

Susu kedelai memiliki kandungan yang baik untuk tubuh karena berasal dari tanaman dan secara alami bebas kolesterol, rendah lemak jenuh, dan mengandung laktosa. Efek antioksidan yang dimiliki isoflavone dalam susu kedelai memberikan manfaat untuk menurunkan risiko terjadinya penyakit kronis salah satunya adalah penyakit jantung.

12. Jeruk

Jeruk yang dimakan langsung tanpa tambahan gula maupun susu mengandung flavanon yang baik untuk menjaga kesehatan pembuluh darah dan jantung. Vitamin C yang terkandung dalam buah jeruk juga dapat menjaga jantung dari penyakit yang mematikan.

13.Rempah-rempah

Makanan sehat untuk jantung yang pertama adalah rempah-rempah. Bila kamu menambahkan rempah-rempah ke masakan sebagai pengganti garam, kamu sudah membuat pilihan tepat untuk jantung. Rempah menambahkan rasa tanpa memberi efek buruk. Menambahkan banyak bumbu non garam adalah cara lezat untuk jantung sehat.

14.Kenari

Makanan sehat untuk jantung yang jarang diketahui adalah kenari. Sedikit kenari sehari dapat menurunkan kolesterolmu. Kacang ini juga dapat melindungi arteri jantung dari peradangan. Kenari penuh dengan omega-3, lemak sehat yang disebut lemak tak jenuh tunggal, dan serat. Kamu bisa mendapatkan manfaatnya dengan mengganti lemak jahat seperti yang ada di keripik dan cookies, dengan minyak kenari.

15.Edamame

Makanan sehat untuk jantung yang bisa kamu coba adalah edamame. Kamu mungkin sudah pernah melihat kacang ini sebagai hidangan pembuka di restoran Jepang. Edamame adalah kata dalam bahasa Jepang untuk kedelai. Proteinnya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Secangkir edamame juga memiliki 8 gram serat yang menyehatkan jantung, setara dengan empat potong roti gandum.

16.Tomat

Tomat mengandung likopen atau pigmen tumbuhan alami dengan sifat antioksidan yang kuat. Antioksidan ini membantu menetralisir radikal bebas berbahaya.Studi mendapati kadar likopen yang rendah dalam darah dihubungkan dengan peningkatan risiko serangan jantung dan stroke. Ulasan dari 25 studi juga menyimpulkan asupan makanan kaya likopen dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.Konsumsi rutin makanan-makanan ini diharapkan dapat mengurangi risiko penyakit yang berhubungan dengan penyakit jantung seperti yang dialami BJ Habibie.