Daftar Makanan Sehat yang Wajib Dikonsumsi


1. Buah Berry

Tidak peduli jenis berry yang Anda pilih, mereka semua baik dikonsumsi. Buah berry seperti strawberry, blueberry, blackberry tidak hanya rendah kalori, tetapi mengandung beberapa konsentrasi tertinggi yaitu antioksidan serta jumlah serat yang baik dan sejumlah vitamin penting termasuk vitamin C.

2. Teh Hijau

Tidak hanya tinggi antioksidan, beberapa bukti menunjukkan bahwa teh hijau dapat meningkatkan metabolisme lemak.

3. Probiotik

Probiotik yang biasanya ditemukan di yoghurt adalah mikro-organisme alami yang dapat memperbaiki saluran pencernaan manusia dengan meningkatkan keseimbangan bakteri sehat di dalam usus. Probiotik telah terbukti membantu mengurangi gejala pencernaan seperti sembelit dan kembung; membantu memulihkan flora usus setelah mengkonsumsi antibiotik dan membantu menyeimbangkan bakteri yang diperlukan untuk penyerapan nutrisi yang optimal.

4. Paprika merah

Paprika mengandung Vitamin C yang tinggi serta sumber karotenoid. Sebuah penelitian menyebutkan, individu yang rutin mengonsumsi karotenoid selama hidup mereka risiko kematiannya lebih rendah karena terhindari dari penyakit jantung, kanker dan stroke.

5. Tomat

Tomat terkenal kaya Vitamin C dan beta karoten. Penelitian menyebutkan, tomat yang dimasak justru mengandung lycopene yang tinggi sehingga diklaim bisa mengurangi risiko kanker perut dan kanker pankreas.

6. Kacang kenari

Hal unik tentang kenari adalah kandungan lemak tak jenuhnya yang tinggi.Konsumsi 30 gram kenari setiap hari, bisa mengoptimalkan komposisi dinding sel dan telah terbukti mengurangi kadar kolesterol. 

7. Ikan

Ikan segar seperti tuna atau salmon mengandung asam lemak omega 3 yang tinggi. Berbagai manfaat kesehatan lainnya dari omega 3 lemak termasuk mengurangi trigliserida, tekanan darah dan proses inflamasi dalam tubuh.

8. Brokoli

Brokoli adalah sumber folat, lutein antioksidan yang dapat menunda perkembangan degenerasi makula (AMD) dan fitokimia yang disebut sulphoraphane, yang memiliki sifat anti-kanker tertentu.

9. Sup sayur

Sebuah studi dari The Pennsylvania State University telah menunjukkan bahwa Anda mengonsumsi 25 persen lebih sedikit kalori saat Anda menikmati sup sayuran bisa mengurangi berbagai macam risiko penyakit.

10. Cokelat hitam

Cokelat hitam mengandung antioksidan, flavonoid dan phytochemical fenolik yang lebih tinggi dibanding teh dan wine dalam hal kapasitas antioksidan. Tetapi secara alami, mengendalikan jumlah konsumsu adalah kuncinya