,

GULAI NILAI MERAH

GULAI NILA MERAH

Yuk bunda di liat resep masakan nilai merah nya ya bunda, kalau bunda penasaran bunda bisa kok memasaknya dirumah sendiri kok

Langsung aja ya bunda

Bahan:
* 1 ekor ikan nila merah

Haluskan:
* 3 siung bawang putih
* 6 siung bawang merah
* 2 cm lengkuas
* 1 cm kunyit
* 3 butir kemiri
Pelengkap:
– 6 lembar daun jeruk
– 2 buah asam kandis
– 20 lembar daun kemangi
– 1 cm jahe
– 1 batang serai
– 1 lembar daun salam
– 1 buah tomat, potong-potong
– 100 g nanas, potong-potong
– 1 sdt gula
– 1 sdt garam
– 500 ml santan
– 4 butir cabe merah, potong-potong
– 10 buah cabe rawit

Cara membuat:

1. Siangi bersih ikan nila lalu dilumuri air jeruk nipis.
2. Tumis bumbu halus sampai wangi.
3. Tambahkan daun salam, serai, daun jeruk dan asam kandis.
4. Masukkan gula, garam, dan gula.
5. Tambahkan santan, irisan cabe merah dan cabe rawit dan didihkan.
6. Masukkan ikan, lalu masak hingga ikan hampir lunak.
7. Tambahkan irisan tomat, nanas, dan daun kemangi.
8. Didihkan sebentar lalu angkat.

 

,

KERANG REBUS

Kerang rebus Medan ini khasnya di sambal cocolannya. Campuran dari kacang tanah yg dihaluskan dan parutan nanas. Pedes segeerr…!

Hhmmm pada penasaran kan gimana sih rasanya , kalian bisa beli ataupun bisa buat kok , nih saya kasih tau cara buat nya :

 

BAHAN-BAHAN

  1. 700 gr kerang bulu/dara segar
  2. 5 lbr daun salam
  3. 2 cm jahe memarkan
  4. secukupnya garam
  5. air untuk merebus kerang
  6. bahan sambal nanas:
  7. 5 bh cabe merah/sesuai selera
  8. 7 bh cabe r awit/sesuai selera
  9. 3 bh bawang putih
  10. segenggam kacang tanah goreng
  11. 2 sdm saus sambal/sesuai selera
  12. 1 sdt kecap manis
  13. 1/2 bh nanas. parut
  14. secukupnya garam

CARA MEMBUAT

  1. Kerang disikat sampai bersih di air mengalir. Tiriskan. Siapkan panci. Didihkan air. Masukkan kerang. Lalu daun salam jahe dan garam secukupnya. Kalau kerangnya sudah terbuka/menganga tandanya sdh matang. Angkat. Tiriskan.
  2. Kerang rebus siap disantap panas2 dgn cocolan sambal kacang nanas.
  3. Sambal nanas: haluskan cabe dan bawang putih. Setelah itu masukkan kacang tanah goreng. Giling agak kasar saja. Masukkan sisa bahan lainnya. Check rasa sesuai selera.
,

AYAM GEPREK

ayam geprek

hay gays saya bawa resep ayam grepek nih siapa yang mau buat ayo silahkan mencobanya:)

Bahan-bahan

  1. Fillet dada ayam khas dalam
  2. Tepung bumbu kriuk
  3. Baham Sambal:
  4. 7 buah rawit merah
  5. 10 buah cabai merah keriting
  6. 5 siung bawang putih
  7. secukupnya garam
  8. secukupnya kaldu jamur

    Langkah

    1.  Letakkan sedikit tepung bumbu dalam wadah lalu beri air untuk bumbu rendaman ayam. Buat sedikit kental, lalu diamkan dalam freezer 10 menit
    2.  Ambil ayam dari bumbu rendaman, lalu baluri dengan tepung kering dan goreng hingga kecoklatan
    3.  Untuk sambalnya ulek semua bahan jadi 1 lalu tuangkan minyak panas.
    4.  Setelah itu masukan ayam yang sudah di goreng ke dalam cobek sambal dan ulek bersama.

kolak durian

Kolak Durian merupakan jenis makanan ringan yang belum banyak orang mengetahuinya, namun makanan ini sudah populer didaerah medan sumatra utara. Anda jangan heran jika buah durian bisa dijadikan sebagai masakan kolak. humm pasti mau tau resepnya kan ,nih saya bakal kasih tau resep pembuatan nya :

 

BAHAN-BAHAN

 

  1. 2 buah Durian Medan
  2. ½ liter Santan dari ½ buah Kelapa
  3. 2 buah Gula Merah
  4. Gula Putih sesuai dengan selera
  5. Garam secukupnya
  6. Air secukupnya
  7. 1 lembar Daun Pandan, kemudian anda bentuk tali simpul

 

CAR MEMBUAT

  1. Pertama anda kupas duriannya dan anda ambil dagingnya saja (jangan pisahkan daging dari isinya).
  2. Kemudian anda rebus gula merah dengan air hingga meleleh dan saring gula merah cair.
  3. Setelah itu anda rebus kembali gula merah cair dan tambahkan santan dengan gula pasir.
  4. Masukkan buah durian sambil terus diaduk.
  5. Saat sudah mendidih, anda aduk sesekali dan masak terus hingga daging duriannya terlepas dari isinya.
  6. Kolak durian medan siap dinikmati.
,

KUE PANCONG

kue pancong

saya bawah kue pancong nih siapa yang mau buat yang pengen ngersaian kue pancong ayo cepat buat nya dari pada belikan bagus buat sendri bisa di bagi” ke keluarga. cara buatnya praktis lagi.

Bahan-bahan

  1. 250 gram tepung beras putih
  2. 250 gram kelapa parut
  3. 1 sdt garam halus
  4. 650 ml santan
  5. 100 ml minyak goreng untuk polesan

    Langkah

    1.  Campur tepung beras, kelapa parut dan garam menjadi satu.Tuangi santan sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga rata.
    2.  Panaskan cetakan kue pancong diatas api sedang, poles dengan minyak tipis saja.Tuang adonan hingga penuh, tutup. Biarkan hingga matang.Angkat selagi panas. Taburi gula pasir kasar bila suka.

 

KERIPIK SUKUN

keripik sukun

ayo coba buat keripik sukun yang simple gak pakek ribet buatnya deh,biasa buat ganjal perut saat nonoton televisi nih.

Bahan-bahan

  1. 1 buah sukun cukup tua
  2. secukupnya Garam
  3. secukupnya Margarine
  4. 3-4 buah bawang putih uk besar (keprek lalu cincang kasar)
  5. Minyak untuk menggoreng

    Langkah

    1. Kupas kulit sukun, lalu belah menjadi 4 bagian.. buang bagian tengahnya, cuci dengan menggunakan air hingga bersih kemudian iris tipis2 seperti keripik pada umumnya.
    2. Panaskan minyak, setelah sudah panas masukkan 1/2 sdm margarin (saya pk blue band) dan sedikit garam.. barulah stelah itu di masukkan potongan sukunnya ke dalam minyak panas.. goreng menggunakan api sedang ya,jangan lupa juga di bolak balik supaya sukunnya tidak gosong.
    3.  Ketika sukun sudah setengah kering masukkan bawang putih yang telah di cincang, bawang putih ini akan menambah cita rasa yg gurih pada kripik sukun tersebut.
    4.  Setelah kripik sukunnya kering angkat dan tiriskan, dinginkan.. kemudian masukkan ke dalam toples supaya tetap renyah.
    5.  Oh iya untuk tambahan, setiap kali hendak menggoreng keripik sukun selalu tambahkan margarin dan garamnya ya.. dan jangan lupa bawang putihnya di masukkan ketika sukun sdh 1/2 kering.. karna jika di masukkan secara bersamaan dengan sukunnya, pasti bawangnya akan gosong duluan.

AGAR AGAR JELLY BAYAM

agar agar jelly bayam

hay gaes saya bawa resep buat agar-agar nih siapa yang mau buat bisa baut kesehatan karna pakai sayuran yang lezat dan ada vitaminnya ayo silakan mencoba:)

Bahan-bahan

  1. 1/2 iket Bayam
  2. 1 bks susu skm
  3. 1 bks nutrijell lecy
  4. 1 bks agar agar satelit
  5. 3 sdm gula
    LANGKAH
    1.siapkan bahan terlebih dahulu.
    2.rebus bayam kemudian haluskan dengan benar.
    3.campurkan semua bahan agar”,nutrijel,dan susu skm serta gula.
    4.masukkan air dan kemudian campur merata semua bahan lalu nyalakan api sduk” hingga rata.
    5.kemudian masukkan bayam aduk lagi sampai mendidih lalu matikan api.
    6.letakkan nutrijel yang sudah di masak tadi di cetakan yang di inginkan.
    7.tunngu sampai dingin baru siap di pisahkan dari cetakkan.
,

PISANG SALE

PISANG SALE

Pisang sale makanan yang sangat lezat, pisang sale kering ini ditambah dengan rasa manis yang sangat menempel dilidah seperti caramel saja. Jika anda ingin membuatnya di rumah saya akan kasih tau bagaimana cara membuat pisang sale tersebut.

Langsung aja ya bunda

Bahan-bahan

  • Tepung beras 500 grm
  • Pisang ambon matang 2 kg, atau secukupnya saja
  • Tepung terigu 250 grm
  • Gula pasir putih1/2 kg
  • Margarine siap saji, secukupnya saja
  • Garam dapur halus 1 sdm
  • Minyak goreng 1 kg, atau lebih banyak lagi

Cara Membuat

  1. Silahkan anda iris semua pisang yang sudah dikupas dari kulitnya sesuai selera anda masing-masing, biasanya dengan bentuk memanjang
  2. Lalu jemurlah irisan pisang tadi dibawah panas matahari selam 3-5 hari, dengan sesekali dibalikan
  3. Sambil menunggu sale siap dimasak, silahkan gunakan wadah untuk membuat bahan lapisan luarnya
  4. Campurkan dalam wadah tersebut tepung terigu, tepung beras, margarine, gula pasir putih dan juga sedikit garam
  5. Aduklah adonan tadi hingga tercampur rata
  6. Bila sudah selesai silahkan masukan pisang yang sudah diiris kedalam adonan tepung
  7. Nah, sekarang masukanlah olahan pisang kedalam penggorengan dengan minyak yang sudah panas, agar sale matang sempurna
  8. Tunggulah dan sesekali balikan sampai olahan sale berubah agak coklat keemasan
  9. Angkat hasil gorengan tadi, kemudian sale kering siap untuk disajikan.
,

ES DURIAN

 

Hhuummm:) siapa ni yang suka durian ? pasti pada suka kn , selain durian bisa di makan langsung ternyata buah ini bisa di buat menjadi minuman es yang sangat enak bagi yang suka durian harus pada coba ni ,, es ini berasal dari medan  ni bagi kalian yang pengen coba bisa beli atau pun kalian bisa buat sendiri , mau tau gimana cara buat nya , saya akan kasih tau gimana cara membuatnya:

 

BAHAN-BAHAN

  1. 5 biji durian
  2. Susu kental manis
  3. Es batu
  4. Air matang

CARA MEMBUAT

  1. Taro durian di mangkok, tambahkan susu kental manis sesuai selera, kemudian masukkan es batu dan sdikit air. Selesai
  2. Bisa dikreasikan dengan tambahan buah atau sirup sesuai selera

Resep Steak Rumahan ala Restoran yang Praktis dan Lezat

Resep Steak Rumahan ala Restoran yang Praktis dan Lezat

Image source: http://cdn0-a.production.images.static6.com/qb8V8ahjR2rCYTiH9K4XxFt0vsI=/640×355/smart/filters:quality(75):strip_icc():format(jpeg)/liputan6-media-production/medias/1309861/original/039777500_1470542241-Artikel-Liputan6-Terminal-Steak_OK_.jpg

Liputan6.com, Jakarta Anda dan pasangan mungkin penggemar steak namun terbeban dengan harganya yang cukup menguras dompet? Jangan sedih, ternyata steak enak dan murah bisa Anda hasilkan sendiri dari Rumah.

Sambil mengisi waktu libur weekend, Anda dan pasangan bisa quality time dengan memasak steak bersama. Berikut ini satu resep steak enak dan murah yang bisa dibuat sendiri di rumah.

Bahan:
500 gram daging sapi
2 butir telur kocok lepas
1 sdt merica putih bubuk
1 sdt garam
2 sdm tepung terigu
1 sdm mentega untuk memanggang daging saus blackpepper
1 sdm mentega
1 buah bawang bombay cincang
1 sdm merica hitam diblender
1 sdm tepung terigu
1 sdt garam
2 sdm saus tomat
1 sdm kecap manis
1 sdt pala bubuk
100 ml air

bahan pelengkap
kentang siap goreng
wortel, brokoli, dan jagung dikukus hingga matang

Cara Membuat:
– Daging sapi dipotong kecil-kecil lalu diblender.
– Campur daging halus dengan telur, tepung terigu, garam, dan merica. bentuk bundar pipih sesuai selera. panggang hingga matang di atas wajan anti lengket yg sudah diberi mentega kurang lebih 1 sdm per 1 buah steak.
– Pembuatan saus dimulai dengan menumis bawang bombay dan mentega hingga harum, masukkan saus tomat, kecap manis, merica hitam yg sudah halus, pala bubuk, garam, dan air.
– Setelah panas masukkan tepung terigu supaya saus mengental. cicipi dan koreksi rasa.
– Sajikan beef patty steak yg sudah matang. Tata sayuran dan kentang goreng, siram dengan saus blackpepper.

Simak beberapa jenis steak yang mungkin patut diketahui:

Sirloin: Bagian atau jenis steak ini biasa disebut dengan daging khas luar atau punggung luar yang berada dekat dengan paha belakang. Bagian daging ini memiliki lapisan lemak yang menempel pada salah satu sisi atau sekeliling daging.
Tenderloin: Bagian daging sapi yang satu ini berasal dari bagian punggung dalam yang tidak berlemak dan juga tidak berotot. Berada di tengah-tengah antara sirloin dan tulang rusuk, itulah daging tenderloin.
Filet Mignon: Jenis steak yang satu ini terbilang cukup mahal, karena ramping dan lembut. Potongan filet mignon berasal dari bagian tenderloin yang paling lembut.
Rib Eye: Jenis steak diambil dari bagian punggung dalam yang memiliki lemak di bagian tengah. Lemak pada rib eye membuatnya lebih juicy dan beraroma.
T-Bone: Daging T-Bone diambil dari bagian punggung dalam sampai bawah memotong tulang punggung. Bagian steak ini di kelilingi gumpalan lemak yang berada di bagian atas. Ciri khas dari T-Bone adalah bentuknya yang menyerupai huruf T.
Salisbury: Berbeda dari jenis steak lainnya, Salisbury adalah burger patty yang terbuat dari daging cincang.
Chateaubriand: Jenis steak diambil dari potongan bawah tenderloin dan disajikan menjadi dua potongan dalam satu porsi.
Entrecote: Diambil di antara tulang rusuk membuat jenis steak ini cukup langka untuk didapatkan.

Steak Daging Wagyu
Bagi Anda penikmat steak, pasti sangat menyukai wagyu steak. Wagyu steak kini menjadi pilihan populer pecinta steak, bukan tanpa alasan, berikut beberapa keistimewaan steak wagyu yang bisa Anda rasakan:
Rendah lemak
Menyehatkan kulit
Mencegah kanker
Menurunkan Kolesterol

Daging wagyu termasuk daging sapi termahal. Sapi wagyu dirawat dengan treatment khusus yang bisa membuat mereka terasa lebih rileks. Tanpa stress bahkan saat ingin disembelih, maka menghadirkan tekstur daging yang lembut. Cita rasa kenikmatan daging wagyu dan daging steak Jakarta bisa Anda cicipi dengan harga steak hemat.

Nah, jika tertarik ingin mencoba daging steak yang enak namun murah tanpa repot harus masak sendiri, bisa datang ke Terminal Steak. Terminal Steak hadir dengan rasa lezat dan harga steak reasonable. Namun, promo steak Jakarta kali ini dari Terminal Steak bisa Anda nikmati dengan menggunakan voucher Lakupon.

Pilih menu steak favorit Anda di Terminal Steak. Nikmati 1 porsi besar steak dengan hanya setengah harga (diskon 50%) di sini.

Alamat Terminal Steak:
Jl. Hayam Wuruk no. 2B, Jakarta Pusat.
Telp: (021) 3853162