,

GULAI NILAI MERAH

GULAI NILA MERAH

Yuk bunda di liat resep masakan nilai merah nya ya bunda, kalau bunda penasaran bunda bisa kok memasaknya dirumah sendiri kok

Langsung aja ya bunda

Bahan:
* 1 ekor ikan nila merah

Haluskan:
* 3 siung bawang putih
* 6 siung bawang merah
* 2 cm lengkuas
* 1 cm kunyit
* 3 butir kemiri
Pelengkap:
– 6 lembar daun jeruk
– 2 buah asam kandis
– 20 lembar daun kemangi
– 1 cm jahe
– 1 batang serai
– 1 lembar daun salam
– 1 buah tomat, potong-potong
– 100 g nanas, potong-potong
– 1 sdt gula
– 1 sdt garam
– 500 ml santan
– 4 butir cabe merah, potong-potong
– 10 buah cabe rawit

Cara membuat:

1. Siangi bersih ikan nila lalu dilumuri air jeruk nipis.
2. Tumis bumbu halus sampai wangi.
3. Tambahkan daun salam, serai, daun jeruk dan asam kandis.
4. Masukkan gula, garam, dan gula.
5. Tambahkan santan, irisan cabe merah dan cabe rawit dan didihkan.
6. Masukkan ikan, lalu masak hingga ikan hampir lunak.
7. Tambahkan irisan tomat, nanas, dan daun kemangi.
8. Didihkan sebentar lalu angkat.

 

,

KERANG REBUS

Kerang rebus Medan ini khasnya di sambal cocolannya. Campuran dari kacang tanah yg dihaluskan dan parutan nanas. Pedes segeerr…!

Hhmmm pada penasaran kan gimana sih rasanya , kalian bisa beli ataupun bisa buat kok , nih saya kasih tau cara buat nya :

 

BAHAN-BAHAN

  1. 700 gr kerang bulu/dara segar
  2. 5 lbr daun salam
  3. 2 cm jahe memarkan
  4. secukupnya garam
  5. air untuk merebus kerang
  6. bahan sambal nanas:
  7. 5 bh cabe merah/sesuai selera
  8. 7 bh cabe r awit/sesuai selera
  9. 3 bh bawang putih
  10. segenggam kacang tanah goreng
  11. 2 sdm saus sambal/sesuai selera
  12. 1 sdt kecap manis
  13. 1/2 bh nanas. parut
  14. secukupnya garam

CARA MEMBUAT

  1. Kerang disikat sampai bersih di air mengalir. Tiriskan. Siapkan panci. Didihkan air. Masukkan kerang. Lalu daun salam jahe dan garam secukupnya. Kalau kerangnya sudah terbuka/menganga tandanya sdh matang. Angkat. Tiriskan.
  2. Kerang rebus siap disantap panas2 dgn cocolan sambal kacang nanas.
  3. Sambal nanas: haluskan cabe dan bawang putih. Setelah itu masukkan kacang tanah goreng. Giling agak kasar saja. Masukkan sisa bahan lainnya. Check rasa sesuai selera.
,

AYAM GEPREK

ayam geprek

hay gays saya bawa resep ayam grepek nih siapa yang mau buat ayo silahkan mencobanya:)

Bahan-bahan

  1. Fillet dada ayam khas dalam
  2. Tepung bumbu kriuk
  3. Baham Sambal:
  4. 7 buah rawit merah
  5. 10 buah cabai merah keriting
  6. 5 siung bawang putih
  7. secukupnya garam
  8. secukupnya kaldu jamur

    Langkah

    1.  Letakkan sedikit tepung bumbu dalam wadah lalu beri air untuk bumbu rendaman ayam. Buat sedikit kental, lalu diamkan dalam freezer 10 menit
    2.  Ambil ayam dari bumbu rendaman, lalu baluri dengan tepung kering dan goreng hingga kecoklatan
    3.  Untuk sambalnya ulek semua bahan jadi 1 lalu tuangkan minyak panas.
    4.  Setelah itu masukan ayam yang sudah di goreng ke dalam cobek sambal dan ulek bersama.
,

BATAGOR

batagor

siapa yang mau cobain batagor saya bawa resepnya nih ayo silahkan mencoba:)

Bahan-bahan

  1. 2 buah tahu (iris kotak kecil kecil)
  2. 5 sdm tepung terigu
  3. 8 sdm tepung tapioka
  4. 1 butir telur
  5. 4 siung bawang putih (haluskan)
  6. secukupnya Merica
  7. secukupnya Garam
  8. secukupnya Penyedap rasa
  9. 1/2 sdt baking powder (larutkan dengan 100 ml air)
  10. Bahan bumbu kacang:
  11. 1/4 kacang (goreng terlebih dahulu)
  12. 3 siung bawang putih
  13. sesuai selera Cabai rawit
  14. Gula
  15. Garam
  16. Penyedap rasa
  17. Perasan jeruk nipis
  18. Kecap manis
  19. Air

    Langkah

    1. Potong tahu kotak kecil kecil. Sisihkan
    2.  Campurkan semua bahan,tepung terigu,tapioka,bawang putih,garam,merica,telur dan larutan baking powder.
    3.  Aduk sampai tercampur semua. Sisihkan sampai 30 menit
    4.  Carbut bumbu kacang :
    5.  Siapkan blender,masukkan kacang yg sudah di goreng ke dalam blender,bawang putih,cabai, dan semua bahan. Kecuali kecap dan jeruk nipis
    6.  Setelah lembut,goreng dalam wajan,tambahkan air,kecap manis,perasan jeruk nipis.
    7. Koreksi rasa,batagor tahu bumbu kacang siap di sajikan.
,

KUE PANCONG

kue pancong

saya bawah kue pancong nih siapa yang mau buat yang pengen ngersaian kue pancong ayo cepat buat nya dari pada belikan bagus buat sendri bisa di bagi” ke keluarga. cara buatnya praktis lagi.

Bahan-bahan

  1. 250 gram tepung beras putih
  2. 250 gram kelapa parut
  3. 1 sdt garam halus
  4. 650 ml santan
  5. 100 ml minyak goreng untuk polesan

    Langkah

    1.  Campur tepung beras, kelapa parut dan garam menjadi satu.Tuangi santan sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga rata.
    2.  Panaskan cetakan kue pancong diatas api sedang, poles dengan minyak tipis saja.Tuang adonan hingga penuh, tutup. Biarkan hingga matang.Angkat selagi panas. Taburi gula pasir kasar bila suka.

 

,

PISANG SALE

PISANG SALE

Pisang sale makanan yang sangat lezat, pisang sale kering ini ditambah dengan rasa manis yang sangat menempel dilidah seperti caramel saja. Jika anda ingin membuatnya di rumah saya akan kasih tau bagaimana cara membuat pisang sale tersebut.

Langsung aja ya bunda

Bahan-bahan

  • Tepung beras 500 grm
  • Pisang ambon matang 2 kg, atau secukupnya saja
  • Tepung terigu 250 grm
  • Gula pasir putih1/2 kg
  • Margarine siap saji, secukupnya saja
  • Garam dapur halus 1 sdm
  • Minyak goreng 1 kg, atau lebih banyak lagi

Cara Membuat

  1. Silahkan anda iris semua pisang yang sudah dikupas dari kulitnya sesuai selera anda masing-masing, biasanya dengan bentuk memanjang
  2. Lalu jemurlah irisan pisang tadi dibawah panas matahari selam 3-5 hari, dengan sesekali dibalikan
  3. Sambil menunggu sale siap dimasak, silahkan gunakan wadah untuk membuat bahan lapisan luarnya
  4. Campurkan dalam wadah tersebut tepung terigu, tepung beras, margarine, gula pasir putih dan juga sedikit garam
  5. Aduklah adonan tadi hingga tercampur rata
  6. Bila sudah selesai silahkan masukan pisang yang sudah diiris kedalam adonan tepung
  7. Nah, sekarang masukanlah olahan pisang kedalam penggorengan dengan minyak yang sudah panas, agar sale matang sempurna
  8. Tunggulah dan sesekali balikan sampai olahan sale berubah agak coklat keemasan
  9. Angkat hasil gorengan tadi, kemudian sale kering siap untuk disajikan.
,

KERIPIK NANAS

KERIPIK NANAS

Bunda sudah pernah makan keripik nanas belum? kalau belum sama deh seperti saya hehe 😀 tidaklah bunda yang pasti saya sudah memcobanya terlebih dahulu. Jika bunda ingin sekali membuat keripik nanas ini saya akan memberi tau bagaimana cara membuatnya

Yang pertama siapkan bahan-bahannya terlebih dahulu

Bahan-bahan :

  • 4 buah nanas matang
  • Asam askorbat
  • Gula halus

Cara membuatnya :

  1. Kupaslah buah nanas sampai benar-benar bersih dari kulitnya.
  2. Kemudian, rendamlah buah nanas menggunakan air garam.
  3. Selanjutnya iris buah nanas dengan bentuk dan ukuran sesuai selera. Ingin dibentuk menjadi apa hasil keripik nanasnya nanti, mungkin berbentuk bulat seperti buahnya atau memanjang layaknya ketika mau dikonsumsi langsung. Irislah buah dengan tebal setiap irisannya kira-kira sekitar 5 mm.
  4. Setelah itu, dinginkan buah nanas yang sudah diiris-iris dengan cara dimasukkan ke dalam Freezer. Hal ini dimaksudkan supaya dapat hasil keripik yang baik.
  5. Gorenglah apabila sudah dingin menggunakan alat khusus yang bernama Vacuum Friying. Meskipun alat atau mesin ini yang merupakan penggoreng khusus buah-buahan dan memang harganya lumayan tinggi. jika menggunakan menggoreng secara tradisinal atau menggunakan penggorengan biasa, hasilnya nanti akan hitam bahakn meleleh serupa jelly. Penyebabnya adalah kandungan glukosa pada buah nanas yang sangat tinggi. Selain itu, menggorengnya pun tidak boleh dengan suhu temperatur yang terlalu tinggi.
  6. Kelemehan penggorengan biasa adalah tidak dapat mengatur suhu sehingga rata-rata suhunya cenderung tinggi sampai 100 derajat celcius bahkan lebih. Meskipun suhunya cenderung selalu tinggi, tetapi itu tidak cukup untuk menghilangkan kadar air dari dalam buah sehingga jika proses penggorengan terus dilakukan, hasilnya keripik nanas akan menjadi gosong.
  7. Jika menggunakan alat Vacuum Friying atur suhunya supaya selalu stabil pada saat proses penggorengan. Suhunya tidak lebih dari 85 derajat celcius pada saat memanaskan irisan buah nanas supaya tidak gosong hasil keripik nanasnya.
  8. Angkat setelah dirasa cukup hilang kadar airnya dan kering benar.
,

SOTO AYAM

 

Masakan soto ayam ini sangat di gemari disetiap kalangan orang tua,anak anak dan pasti nya kalok rasa jangan di tanyak lagi udah pasti enak kan,,pada mau tau kan gimana cara membuat nya ni saya akan kasih tau cara pembuatan nya :

 

BAHAN-BAHAN

  1. 1 ekor ayam potong
  2. 1000 ml santan (me,santan encer 1000 ml + air 500 ml)
  3. 500 ml santan kental
  4. 5 lembar daun jeruk
  5. 1 bh bunga lawang
  6. 4 bh kapulaga
  7. 3 batang sereh memarkan
  8. 2 cm lengkuas memarkan
  9. Bumbu halus :
  10. 10 bawang merah
  11. 6 bawang putih
  12. 4 cm kunyit
  13. 2 cm jahe
  14. 1 sdm ketumbar sangrai
  15. 1/2 sdt jinten
  16. Pelengkap
  17. 1 bh jeruk nipis
  18. 100 gr bawang goreng
  19. Bahan Sambal rawit merah :
  20. 20 bh rawit merah
  21. 1 siung bawang putih

CARA MEMBUAT

  1. Tumis bumbu halus, bunga lawang, kapulaga, sereh,lengkuas sampai harum, masukkan ayam masak hingga berubah warna.
  2. Masukkan santan encer, beri garam gula test rasa, masak ayam sampai matang. Setelah matang ayamnya, tiriskan ayam lalu goreng.
  3. Tambahkan santan kental ke dalam kuah,lalu didihkan sambil terus diaduk agar santan tidak pecah, setelah mendidih matikan kompor, suir2 ayam, sajikan
  4. Cara membuat sambal, cuci bersih rawit dan bawang putih, goreng dengan minyak bekas ayam, goreng sampai layu, angkat,blender pakai sedikit kuah soto, goreng lagi sampai harum.
,

Kue Cubit

Hmm ni makanan yang manis” asalnya dari medan:). Pada mau pasti nya kan:D . Kalian bisa buat sendiri kok. Nih saya kasih tau bahan-bahan sama cara pembuatan nya

 

BAHAN-BAHAN

  1. 3 butir telur
  2. 100 gram gula pasir
  3. 100 gram tepung terigu
  4. 100 gram margarin, lelehkan
  5. 1 bungkus vanili bubuk
  6. ¼ sdt soda kue
  7. ½ sdt baking powderkeju parut dan coklat meses secukupnya

 

CARA PEMBUATAN

  1. Siapkan wadah lalu masukkan telur dan gula pasir, kocok hingga mengembang serta gulanya menjadi larut. Gambar di atas merupakan hasil kue cubit yang dikocok tanpa mixer, tetapi bisa juga menggunakan mixer untuk lebih mudah dan cepat mengembang.
  2. Masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit dan aduk hingga rata. Tuang margarin cair, aduk rata dan kemudian masukkan soda kue, baking powder dan vanili bubuk. Setelah adonan rata, masukkan adonan ke dalam wadah yang ada mulutnya seperti teko atau gelas takar agar adonan lebih mudah saat dituangkan ke dalam cetakan.
  3. Panaskan cetakan kue cubit di atas api kecil yang terlebih dahulu diolesi sedikit margarin. Setelah panas, tuang adonan dengan volume setengah cetakan lalu tutup.
  4. Saat adonan sudah setengah matang dan mengembang, taburi dengan keju atau coklat meses lalu tutup dan teruskan memanggang hingga matang serta bagian bawah kuenya sedikit berwarna kecoklatan. Keluarkan dari cetakan lalu sajikan dan jika memiliki sisa keju parut dan di taburi di atas kue cubit supaya lebih yummy.
,

KUE BANGKIT

KUE BANGKIT

Kue ini sangatlah lezat untuk kita nikmati bersama keluarga. Apalagi jika kita sajikan bersama dengan teh hangat ataupun susu. Maka rasanya akan semakin nikmat. Anda penasaran dan ingin mencicipi tapi tidak tahu bagaimana cara mendapatkan kue ini.

Tenang bunda jangan khawatir bunda dapat membuat kue bangkit dirumah sendiri kok, yuk bunda di liat bagaimana cara membuatnya :

Bahan membuat kue bangkit :

  • tepung tapioka sebanyak 550 gram
  • daun pandan sebanyak 8 lembar, potong menjadi 3 bagian
  • kuning telur sebanyak 2 butir
  • gula halus sebanyak 170 gram
  • santan sebanyak 140-160 ml (disesuaikan kadar kekeringan tepung)
  • Pewarna merah secukupnya untuk menghias

Cara membuat kue bangkit :

  • anda mulai dengan menyangrai tepung bersama dengan daun pandan selama 75 menit dengan menggunakan api sedang. Atau sampai tepung terasa lebih ringan dan menguning. dinginkan
  • kemudian anda alasi loyang dengan menggunakan margarin. Panaskan pada oven bersuhu 160 C.
  • kocok kuning telur sampai mengembang, kemudiaan masukan 70-80 ml air santan, kocok hingga rata.
  • ayak tepung keatas baskom yang bersih kemudian tambahkan adonan telur dan gua halus.
  • Secara bertahap, anda masukkan sisa santan, aduklah dengan menggunakan tangan sampai adonan benar benar kaut untuk dicetak. Tidak terlalu kering atau tidak terlalu basah.
  • Giling adonan setebal 1 cm. Lalu bisa anda cetak sesuai dengan selera anda. bisa bentuk bunga, mawar, ataupun yang lainya. kemudian anda letakkan di atas loyang. Susun dan rapikan tatanan kue. Ulangi sampai semua adonan anda habis.
  • Pangganglah adonan dalam oven selama 25 menit pada suhu 160°C.
  • Setelah itu anda keluarkan dan dinginkan dan untuk menghiasinya anda tambahkan pewarna merah. Lalu sajikan.