Cara Sederhana Membiasakan Diri untuk Berpikir Positif

  • Bicara pada diri sendiri
    Dalam hal ini, berpikir positif dilakukan dengan cara membicarakan hal-hal positif dari kejadian yang Anda hadapi, seperti memberi semangat kepada diri sendiri. Jika pikiran negatif mulai menghampiri, pikirkan hal-hal baik dari diri Anda. Sikapi hal buruk yang Anda alami dengan sikap optimis dan jadikan hal tersebut sebagai pelajaran berharga.
  • Ambil sisi baik
    Percayalah bahwa dibalik setiap kejadian buruk, ada sisi baik yang bisa diambilAgar berpikir positif menjadi lebih mudah, tuliskan apa saja hal-hal baik yang patut untuk disyukuri. Baca kembali tulisan tersebut  saat pikiran negatif kembali muncul.
  • Ubah pemikiran
    Saat ada kejadian atau kegagalan yang menghampiri, jangan anggap bahwa kejadian tersebut telah menghancurkan hidup Anda. Ubah pemikiran menjadi lebih positif dengan menganggap bahwa kegagalan tersebut merupakan bagian dari pembelajaran. Anda dapat memperbaiki semuanya dan kembali menjalani hidup dengan lebih baik.
  • Tentukan apa yang perlu diubah
    Agar dapat lebih optimis dan dapat berpikir positif, kenali apa yang menyebabkan pikiran negatif muncul. Setelahnya, upayakan untuk memperbaiki hal tersebut dengan cara yang lebih positif. Lalu tentukan apa saja yang perlu ada ubah, demi mencapai hidup yang lebih positif dan bahagia.
  • Berteman dengan orang-orang positif
    Lingkungan juga memengaruhi pola pikir Anda. Bertemanlah dengan orang-orang yang berpikiran positif untuk bisa mendukung pengembangan diri. Hal ini dapat mendukung Anda untuk mengembangkan diri, dan dapat memberi Anda inspirasi sekaligus motivasi dalam menjalani kehidupan.
  • Tersenyum dan tertawa
    Mungkin bukan hal yang mudah, namun tetap tertawa dan tersenyum meski dalam keadaan sulit sekalipun. Temukan kejadian sehari-hari yang patut ditertawai atau tonton tayangan yang membuat Anda terhibur. Cara ini dapat mengurangi stres.
  • Yoga, relaksasi, meditasi dan berdoa
    Cara-cara ini bertujuan menenangkan pikiran dan tubuh agar dapat berpikir positif. Selain dapat membuat Anda lebih tenang, aktivitas tersebut dapat melatih diri Anda untuk mampu berlapang dada dan bersikap positif, untuk melangkah maju melewati masalah yang lalu.