Cara Ampuh Menghilangkan Radang Di Tenggorokan Dengan Konsumsi Minuman Berikut Ini!

1. Madu

pereda tenggorokan © 2019 brilio.net

foto: pixabay.com

Dilansir dari pennmedicine.org, salah satu dokter di Penn Urgent Care South Philadelphia, Patti Mahautmr, MD mengungkapkan madu adalah salah satu obat terbaik untuk sakit tenggorokan. Madu memiliki sifat antibakteri alami yang memungkinkan bertindak sebagai penyembuh luka. Madu menawarkan bantuan untuk rasa sakit sambil bekerja untuk mengurangi peradangan. Madu juga dapat membunuh bakteri dan membantu melawan infeksi virus.

Campurkan dua sendok madu dengan segelas air hangat atau teh hangat lalu minum. Namun madu tidak boleh diberikan kepada anak di bawah usia satu tahun. Karena anak berumur di bawah satu tahun belum mampu menerima bakteri sehat seperti spora botulisme yang ada pada madu.

2. JaheLoading…

pereda tenggorokan © 2019 brilio.net

foto: pixabay.com

Jahe adalah rempah-rempah yang cocok untuk diminum saat radang tenggorokan. Sifat anti inflamasi dan anti bakteria yang ada pada jahe dapat meredakan rasa sakit di tenggorokan. Satu studi menemukan bahwa ketika ekstrak jahe diaplikasikan pada tenggorokan dari orang-orang dengan infeksi saluran pernapasan karena bakteri, itu membantu membunuh beberapa bakteri yang ada pada tenggorokan. Kamu dapat membuat rebusan jahe yang ditambahkan madu atau gula untuk perasa agar jahe terasa enak.

3. Teh chamomile

pereda tenggorokan © 2019 brilio.net

foto: pixabay.com

Teh chamomile memang masih jarang di Indonesia, namun kamu bisa menemukan teh ini di supermarket. Teh chamomile yang memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan cocok untuk meredakan radang tenggorokan. Beberapa ulasan penelitian menunjukkan bahwa menghirup uap teh chamomile dapat membantu meredakan gejala pilek, termasuk sakit tenggorokan. Minum teh chamomile dapat menawarkan manfaat yang sama. Ini juga dapat merangsang sistem kekebalan untuk membantu tubuh melawan infeksi yang menyebabkan sakit tenggorokan.

4. Cuka apel

pereda tenggorokan © 2019 brilio.net

foto: pixabay.com

Asam asetat dalam cuka apel juga berfungsi untuk membunuh bakteri.  Cuka apel juga mengandung antimikroba dan antibakteri. Karena sifatnya yang asam, dapat digunakan untuk membantu memecah lendir di tenggorokan dan menghentikan penyebaran bakteri. Campurkan satu sendok makan cuka apel dalam segelas air hangat, kamu juga bisa menambahkan madu. Minumlah setiap hari agar radang tenggorokan mereda. Kamu juga bisa berkumur menggunakan cuka apel yg ditambah air jika tidak mau meminumnya.

5. Air lemon

pereda tenggorokan © 2019 brilio.net

foto: pixabay.com

Selain enak, air lemon juga dapat melegakan tenggorokan. Lemon mengandung vitamin C dan antioksidan. Vitamin C pada lemon berfungsi untuk mengencerkan lendir dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Air lemon mampu membuat tubuh lebih kuat melawan bakteri dan virus. Peras satu buah lemon dan campurkan dengan segelas air hangat dan satu sendok madu. Minum campuran itu setiap hari untuk hasil yang maksimal.

6. Kayu manis

pereda tenggorokan © 2019 brilio.net

foto: pixabay.com


Kayu manis adalah obat tradisional untuk pilek dan flu. Kayu manis biasa digunakan dalam pengobatan Cina untuk meredakan sakit tenggorokan. Kayu manis ini kaya akan antioksidan yang bermanfaat untuk membunuh bakteri dalam tenggorokan. Kamu bisa membeli kayu manis bubuk atau yang utuh di toko. Rebus air atau susu untuk ditambahkan dengan bubuk kayu manis dan satu sendok madu.