Cara Ampuh Hilangkan Kembung

1. Menghindari makanan yang meningkatkan gas di lambung

Cara mengatasi perut kembung yang pertama adalah dengan memperhatikan asupan makanan Anda. Saat sedang kembung, sebaiknya hindari makanan seperti kacang-kacangan, kol, bawang, brokoli, kembang kol, jamur, hingga makanan yang terbuat dari gandum utuh. Sebab, makanan tersebut dapat meningkatkan kadar gas di lambung.

2. Menghindari makanan berlemak

Untuk mengatasi perut kembung, Anda juga perlu mengurangi mengonsumsi makanan yang berlemak. Seabab selain dapat meningkatkan berat badan, makanan berlemak juga memerlukan waktu lebih lama untuk dicerna. Makanan tersebut kemudian akan berdiam lebih lama di lambung, sehingga meningkatkan produksi gas di lambung.

3. Menghindari makanan berserat tinggi untuk sementara waktu

Serat memang memberikan banyak manfaat untuk tubuh. Namun, ada juga makanan berserat tinggi yang mengandung banyak gas. Setelah menghentikannya sementara waktu, Anda dapat mulai menambahkan serat perlahan-lahan dalam menu harian.

4. Mengeluarkan angin-angin di dalam tubuh

Kelebihan gas di tubuh adalah salah satu penyebab perut kembung yang paling umum. Sehingga, saat sedang kembung, sebaiknya Anda jangan menahan untuk mengeluarkan gas yang ada. Bersendawa atau buang angin, bisa dilakukan.