Berikut Ini Cara Berhenti Merokok

Bulatkan Niat dan Tekad
Hal pertama yang harus dilakukan adalah bulatkan niat maupun tekad Anda untuk berhenti merokok. Niat untuk berhenti merokok harus datang dari diri sendiri, sedangkan untuk membulatkan niat coba Anda berfikir soal berapa uang yang telah dikeluarkan dan dihabiskan untuk membeli rokok setiap hari.

Perjelas Alasan Anda Berhenti merokok
Berikan alasan yang jelas kepada diri Anda sebelum memutuskan untuk benar-benar berhenti merokok. Alasan tidak baik bagi kesehatan saja tidak cukup. Untuk meningkatkan motivasi, Anda perlu membuat alasan yang lebih kuat dan masuk akal bagi diri anda sendiri. Misalnya menghindari keluarga dari asap rokok, ingin terlihat muda, menjaga penampilan, menghindari kanker paru-paru ataupun menghilangkan bau mulut yang dikarenakan asap rokok sehingga dapat menjadi jawaban dari tujuan Anda.

Buat Perjanjian dengan Orang Terdekat
Poin ketiga ini sangat penting diketahui oleh orang terdekat Anda tentang keinginan Anda untuk berhenti merokok. Sebab orang terdekat atau rekan Anda akan mengingatkan kembali tujuan maupun keinginan Anda untuk berhenti merokok ketika terlihat ingin merokok (lagi).

Ganti dengan Permen
Orang yang terbiasa merokok maka akan merasa pahit atau asam mulutnya jika tidak merokok. Untuk mengatasi hal seperti itu, gantilah dengan memakan permen rasa mint atau rasa jahe sebagai pengganti dari rokok. Dengan perlahan tentunya Anda akan merasa terbiasa.

Alihkan dengan Berbagai Kesibukan
Biasanya perokok aktif atau pecandu rokok akan merokok jika ada waktu senggang. Oleh karena itu, buatlah kesibukan pada rutinitas Anda sehari-hari sehingga dapat melupakan rokok beberapa saat.

Perbanyak Minum Air Putih
Tips selanjutnya agar berhenti meroko yang mudah dilakukan ialah dengan memperbanyak minum air putih. Dengan minum air putih, Anda bisa mengatasi rasa asam pada mulut dan bisa menyehatkan tubuh Anda. Ketika akan merokok minumlah satu gelas air putih dengan sendirinya hasrat merokok Anda akan hilang.

Istirahat yang Cukup
Agar sukses berhenti merokok maka perbanyaklah istirahat dengan waktu tidur lebih cepat. Apabila ingin merokok pilihlah untuk segera tidur saja. Dengan begitu Anda akan berhenti merokok dengan sendirinya.

Kunjungi Tempat Bebas Asap Rokok
Supaya cepat berhenti merokok, sebaiknya Anda sering mengunjungi tempat bebas asap rokok, misalnya saja tempat-tempat ber-AC, sehingga Anda dengan sendirinya akan terbiasa dan berhenti merokok.