Berikut Ini 6 Makanan Pencegah Kanker Kelenjar Getah Bening

1.Kunyit

Rempah-rempah yang biasa dijadikan sebagai bahan membuat masakan ini sudah dikenal dengan segudang khasiatnya. Bagaimana tidak, adanya zat kurkumin pada kunyit mampu bekerja untuk menurunkan peradangan dan membantu tubuh mendeteksi serta menghancurkan sel-sel yang bermutasi.

Hal ini juga telah dibuktikan oleh India, sebagai negara yang banyak menggunakan kunyit pada makanannya. Di mana sudah terbukti memiliki presentase penyakit kanker sepuluh kali lebih rendah dibanding negara lainnya.

2.Anggur

Adanya polifenol yang sangat melimpah di dalam buah anggur memiliki kekuatan antioksidan dan anti-inflamasi. Zat dalam buah anggur ini dapat menghambat pertumbuhan kanker dan tumor pada kelenjar getah bening, hati, perut, dan payudara.

Selain itu, mengonsumsi makanan dengan zat polifenol tinggi dapat membunuh sel kanker pada kasus leukemia dan kanker usus besar.

3.Sayuran Hijau

Beragam sayuran hijau juga dikenal memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Beberapa sayuran hijau yang dikenal mampu mencegah munculnya kanker adalah bayam dan kale. Ya, kedua jenis sayuran ini memiliki sifat antioksidan dan anti peradangan. Selain itu, zat karotenoid yang ditemukan di dalamnya dapat menghambat pertumbuhan sel kanker yang menempel pada tubuh.

4.Makanan dengan Probiotik

Kandungan probiotik dalam makanan seperti yang terdapat pada kefir, yogurt, dan tempe mampu menambah jumlah bakteri baik yang menguntungkan usus, mengatur keseimbangan pH, serta menjaga kesehatan saluran pencernaan.

Selain itu, asam laktat alami dan enzim yang diproduksi selama proses fermentasi pada makanan dengan probiotik mampu memberikan efek menguntungkan pada metabolisme serta efek penyembuhan pada penyakit kanker.

5.Lemak Sehat

Makanan pencegah kanker kelenjar getah bening selanjutnya adalah dengan mengonsumsi lemak sehat. Beberapa makanan yang mengandung lemak sehat seperti sarden, kacang walnut, kacang almond, ikan tuna, serta ikan salmon. University of Maryland Medical Center  merekomendasikan untuk mengonsumsinya guna menghindari tumbuhnya sel kanker dalam tubuh.

Selain itu, sebaiknya kamu juga perlu menghindari asupan lemak jenuh yang banyak ditemukan dalam makanan seperti kue, donat, kentang goreng, sosis serta makanan olahan lainnya.

6.Biji Bijian

Biji-bijian mengandung banyak mineral, vitamin, dan antioksidan. Dimana sangat efektif dalam melawan kanker kelenjar getah bening karena dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Biji-bijian juga mengandung selenium, yang merupakan vitamin penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh serta fungsi tubuh secara keseluruhan karena membantu dalam memproduksi sel darah.