Berikut Ini 5 Makanan Dan 3 Minuman Pilihan Bagi Penderita Maag

1.Oatmeal

Oatmeal adalah makanan yang berasal dari gandum dengan tampilan mirip seperti bubur. Saat ini, oatmeal tengah “dicap” sebagai makanan sehat. Pamor oatmel bahkan sedang naik daun sebagai menu sarapan yang ringkas dan mengenyangkan.

Ini karena oatmel hadir dengan kandungan karbohidrat dan serat yang tinggi. Selain itu, oatmeal juga dilengkapi dengan sejumlah kandungan zat gizi lain di dalamnya. Mulai dari magnesium, mangan, fosfor, seng, zat besi, tembaga, folat, serta vitamin B.

Bagi orang yang sakit maag, makanan yang satu ini diyakini baik untuk mengurangi gejala kenaikan asam lambung. Pasalnya, oatmeal yang masuk ke dalam sistem pencernaan ternyata mampu membantu menyerap asam di dalam lambung.

2.Pisang

Pisang memiliki segudang zat gizi penting yang baik untuk tubuh. Anda akan mendapatkan sekitar 109 kalori energi, 0,8 gr protein, 0,5 gr lemak, 26,3 gr karbohidrat, 5,7 gr serat, vitamin, serta berbagai mineral hanya dengan makan satu buah pisang saja.

Buah yang identik dengan tekstur lumat dan mudah dikunyah ini, merupakan salah satu pilihan makanan sehat untuk penderita sakit maag. Gerard E. Mullin, MD, seorang gastroenterologi sekaligus penulis buku “The Gut Balance Revolution”, mengungkapkan hal yang sama. 

Menurutnya, pisang memiliki kandungan asam yang rendah, sehingga baik untuk dimakan oleh para penderita asam lambung.

Bukan itu saja, tekstur pisang yang lumat juga mampu meredakan gejala maag dengan cara memberikan lapisan pelindung pada esofagus (kerongkongan) yang mengalami iritasi.

Bahkan, berkat kandungan seratnya yang tinggi, makanan pilihan untuk orang yang sakit maag ini juga bisa membantu menangkal gangguan pencernaan.

3.Yoghurt

Jika dimakan dalam jumlah sedang dan tidak berlebihan, yoghurt ternyata bisa menjadi satu dari berbagai pilihan makanan untuk penderita sakit maag. Hal ini dikarenakan yoghurt punya efek menenangkan sekaligus membantu mengendalikan rasa tidak nyaman pada perut.

Alhasil, gejala maag yang kerap menimbulkan kenaikan asam lambung pun bisa lebih dikendalikan. Lebih dari itu, kandungan probiotik alias bakteri baik di dalam yoghurt dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Dikemas dengan sejumlah kandungan protein yang tinggi, membuat yoghurt semakin efektif dalam melancarkan kerja sistem pencernaan

4.Putih Telur

Makanan untuk orang yang sakit maag lainnya yang bisa Anda coba yakni putih telur. Sebaiknya hanya olah dan makan bagian putihnya saja tanpa menyertakan kuning telur.

Seperti yang sempat dijelaskan sebelumnya, makanan berlemak merupakan salah satu jenis makanan tidak boleh diberikan untuk para penderita maag. Sedangkan kandungan lemak yang ada di dalam kuning telur terbilang cukup tinggi.

Dengan hanya memakan putihnya saja, setidaknya bisa membantu Anda mendapatkan sumber protein tanpa harus memperparah gejala maag.

5.Seafood Dan Daging Tanpa Lemak

Daging memang bisa memicu gejala maag, bila mengandung banyak minyak (baik cara pengolahannya maupun bagian lemak daging). Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir karena makanan ini tetap bisa dikonsumsi untuk orang yang sakit maag.

Semua daging merah, daging ayam, maupun makanan laut tanpa lemak bisa dijadikan salah satu pilihan makanan untuk penderita maag. Sebab, kandungan lemak yang rendah di dalam makanan tersebut bisa membantu memulihkan berbagai keluhan yang muncul karena naiknya asam lambung.

1.Susu Rendah Lemak

Susu dengan kandungan lemak yang tinggi sangat disarankan untuk dihindari jika tidak ingin gejala kenaikan asam lambung semakin parah. Sebaliknya, Anda lebih dianjurkan untuk minum susu rendah lemak yang lebih bersahabat dengan sistem pencernaan karena mudah dicerna.

Susu rendah lemak aman untuk dikombinasikan bersama makanan dan minuman lainnya bagi penderita sakit maag. Pasalnya, susu rendah lemak tidak akan melemahkan katup kerongkongan, yang akhirnya tidak akan memicu kenaikan asam lambung.

2.Susu almond

Selain rendah lemak, susu almond juga tidak kalah baik untuk masuk ke dalam daftar makanan dan minuman bagi yang aman untuk orang yang sakit maag Ini karena susu almond memiliki kandungan alkali, sehingga dapat membantu menetralkan kembali kondisi lambung yang asam.

Pada akhirnya, gejala maag akibat kenaikan asam lambung pun bisa lebih dikendalikan. Tidak hanya itu, susu almond juga terkenal dengan kandungan lemaknya yang rendah sehingga aman diminum untuk penderita maag.

Pilihan minum minuman yang satu ini pun tidak sulit. Anda bisa meminumnya langsung, atau mencampurkannya bersama smoothie.

3.Jus Seledri

Seledri hampir tidak memiliki kalori karena kandungan airnya yang tinggi, dan merupakan salah satu makanan terbaik untuk penderita asam lambung. Mirip dengan susu almond, seledri juga kaya akan kandungan alkali sehingga tidak akan memicu naiknya asam ke kerongkongan. 

Namun, agar manfaatnya lebih efektif, sebaiknya kombinasikan seledri dengan pilihan makanan untuk orang yang sakit maag lainnya. Ini karena meski seledri bisa mencegah kenaikan asam lambung, tapi sayuran yang satu ini dinilai kurang ampuh untuk meredakan gejalanya.

Bila ditambahkan pada makanan, Anda mungkin akan menggunakan lebih sedikit seledri. Oleh karena itu, tidak ada salahnya menyajikan seledri menjadi segelas jus.