Awas Makanan Ini Buat Ambeien Anda Kambuh dan Makin Parah

Ambeien atau sering juga disebut wasir adalah pembengkakan vena yang terdiri atas dua macam, internal dan eksternal. Ambeien internal terletak di dalam anus atau rektum bawah, sedangkan eksternal berada di luar atau di atas permukaan anus. ambeien akan membuat penderitanya sangat tidak nyaman. Duduk dalam waktu lama akan terasa sakit, gatal, dan nyeri saat buang air besar.

1.Jeruk

Buah jeruk merupakan salah satu makanan yang harus dihindari penderita ambeien. Meski memiliki kandungan vitamin C yang baik, tapi jeruk mengandung rasa asam yang cukup tinggi. Kalau gak pengin ambeienmu makin parah, sebaiknya jangan konsumsi jeruk.

2.Apel Hijau

Tingkat keasaman apel hijau lebih tinggi jika dibandingkan dengan jenis lainnya. Keasaman buah ini dapat menimbulkan gangguan pencernaan. Iritasi juga bisa terjadi pada sistem pencernaanmu Untuk itu, sebaiknya jangan memilih apel hijau untuk dikonsumsi rutin.

3.Minuman Beralkohol

Selain tidak sehat, minuman beralkohol juga menjadi penyebab kambuhnya ambeien lho. Apalagi kalau dikonsumsi berlebihan dan terlalu banyak.

Minuman beralkohol akan mengganggu kerja sistem pencernaan dalam tubuh. Kalau kamu mengonsumsi alkohol, maka tubuh akan merasa dehidrasi, sembelit, dan penumpukkan tinja yang sulit dikeluarkan.

4.Gorengan

Makanan satu ini juga bisa menghambat kerja sistem pencernaanmu. Selain itu, gorengan juga menyebabkan kolesterol tinggi dan memicu kambuhnya ambeien. Minyak yang dipakai menggoreng tersebut dapat menyebabkan kerusakan pada dinding usus yang akan memperparah kondisi ambeien seseorang.

5.Kafein/Kopi

Kebiasaan minum kopi setiap hari di pagi hari sepertinya harus mulai dikurangi para penderita ambeien. Pasalnya, kandungan kafein pada kopi dan sejenisnya sangat tidak dianjurkan untuk penderita ambeien. Kafein tersebut dapat menyebabkan dehidrasi dan iritasi lambung dalam tubuh.