5 Obat Herbal yang Efektif dan Manjur Meredakan Penyakit Asma

Bawang Putih

Obat herbal penyakit asma pertama adalah bawang putih. Penggunaan bawang putih sebagai obat herbal sudah banyak digunakan untuk meredakan beberapa jenis penyakit. Hal ini dikarenakan bawang putih memiliki sifat anti-peradangan. Tak heran, beberapa penyakit dapat diredakan dengan bawang putih terutama penyakit kardiovaskular.

Begitu juga dengan penyakit asma, yang merupakan penyakit radang. Bawang putih dapat membantu melawan infeksi bakteri. Untuk mendapatkan manfaat bawang putih sebagai obat herbal penyakit asma, ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

Pertama, konsumsi bawang putih mentah langsung. Apabila kamu tidak suka, kamu bisa menghaluskan bawang putih dan mencium aromanya. Selain itu, kamu juga bisa minum segelas susu hangat yang sudah dicampurkan 2-3 siung bawang putih ke dalamnya. Cara tersebut dapat membantu melemaskan saluran pernapasan dan mengencerkan lendir.

Bawang Bombay

Bawang bombay juga dapat kamu jadikan sebagai obat herbal penyakit asma. Khasiat ini didapat karena bawang bombay terdapat anti-peradangan yang dapat membantu kamu mengurangi penyumbatan di saluran pernapasan.

Zat sulfur yang ada pada bawang juga dapat membantu mengurangi peradangan paru-paru. Untuk mendapatkan manfaat bawang bombay sebagai pereda asma, kamu bisa mengonsumsinya secara mentah atau memakan bawang bombay yang sudah dimasak.

Kunyit

Kunyit merupakan obat herbal penyakit asma yang bisa dicoba untuk meredakan kondisinya. Kunyit memiliki sifat anti-alergi. Kunyit terkenal ampuh untuk mengatasi gangguan saluran pernapasan.

Hal ini dikarenakan kunyit mengandung curcumin cukup tinggi. Curcumin merupakan bahan aktif yang memiliki sifat efek anti-peradangan yang cukup kuat. Untuk mendapatkan manfaat kunyit untuk penyakit asma, kamu bisa membuat racikannya sendiri di rumah.

Cukup larutkan seperempat sendok teh bubuk kunyit ke dalam gelas berisikan air. Kemudian aduk rata campuran tersebut. Ulangi minum ramuan tersebut dua kali dalam sehari hingga kondisinya membaik. Apabila belum terjadi perubahan, kamu bisa mengkonsultasikannya ke dokter.

Kapulaga

Obat herbal penyakit asma selanjutnya adalah kapulaga. Selain menjadi bumbu dapur, kapulaga juga terkenal mampu meningkatkan kesehatan paru-paru. Berdasarkan hasil penelitian dari Universitas Nitte di Mangalore, India, sumber minyak atsiri dalam kapulaga sangat efektif meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh.

Kapulaga sudah banyak digunakan dalam berbagai terapi tradisional seperti aromaterapi untuk pengobatan asma dan bronkitis dengan meningkatkan sirkulasi darah ke paru-paru.

Daun Mint

Daun mint merupakan obat herbal penyakit asma yang bisa digunakan untuk meredakan kondisinya. Manfaat daun mint sebagai pereda asma didapat dari adanya aroma mentol. Aroma mentol daun mint dapat membantu membuka saluran pernapasan keran mengandung anti-inflamasi.

Daun mint juga memiliki sifat anti-bakteri yang berperan untuk mengobati infeksi akibat serangan bakteri pada saluran udara. Kandungan tersebut yang membuat daun mint berguna bagi penderita asma, karena mampu melonggarkan saluran pernapasan. Kamu juga bisa menghirup aroma daun mint atau meminumnya sebagai teh.