7 Makanan yang Harus di Kurangi Ketika Menjalani Masa Karantina

Kerupuk

sisa

Jenis makanan yang wajib dikurangi saat karantina adalah kerupuk. Kerupuk adalah jenis makanan yang paling populer di Indonesia.

Sebab, rasanya yang gurih dapat menjadi teman pelengkap hidangan utama. Namun, mengonsumsi kerupuk secara berlebihan seperti menjadikan kerupuk sebagai cemilan adalah hal yang tidak dibenarkan.

Sebab, kerupuk adalah jenis makanan yang mengandung karbohidrat yang cukup tinggi. Maka dari itu, hindari untuk mengonsumsi kerupuk sebagai cemilan Anda pada saat karantina mandiri.

Ganti cemilan Anda dengan buah yang lebih menyehatkan bagi tubuh.

Permen dan Makanan Manis

lolipop

Permen adalah jenis makanan kedua yang wajib dikurangi. Terdapat banyak kandungan gula di dalamnya, membuat jenis makanan ini wajib menjadi kurang sehat dan bermanfaat bagi tubuh.

Sebab, kandungan gula yang tinggi di dalam tubuh dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan seperti gangguan ginjal, hati, dan jantung.

Hindari pula untuk memberikan permen dalam jumlah yang berlebihan pada anak-anak. Hal itu juga akan menimbulkan gangguan kesehatan seperti gangguan pertumbuhan dan pembentukan tulang serta gigi.

Apabila mengonsumsi jenis makanan yang mengandung gula, Anda perlu mengimbanginya dengan melakukan olahraga atau aktivitas fisik yang lain.

Keripik

ilustrasi keripik kentang

Jenis makanan selanjutnya yang wajib dikurangi saat karantina mandiri adalah keripik. Keripik mengandung garam atau natrium dalam jumlah yang tinggi.

Memang, keripik adalah jenis makanan yang sering menjadi cemilan favorit. Dengan rasanya yang gurih dan enak, membuat minat untuk mengonsumsi makanan satu ini semakin tinggi pula.

Padahal, kandungan natrium dalam aliran darah dalam jumlah yang tinggi disinyalir tidak baik bagi tubuh. Sebab, hal tersebut akan memicu berbagai gangguan kesehatan seperti gangguan ginjal, hipertensi, dan serangan jantung.

Makanan yang Tidak Dicuci

ilustrasi makan buah

Jenis makanan selanjutnya yang wajib dikurangi adalah makanan yang tidak dicuci atau tidak terjamin kebersihannya.

Beberapa jenis makanan yang tidak terjamin kebersihannya yaitu makanan yang tidak dimasak seperti buah-buahan dan sayuran yang berfungsi sebagai lalapan.

Perlu untuk diperhatikan agar selalu mencuci bahan makanan tersebut sebelum mengonsumsinya secara langsung. Hal tersebut bertujuan untuk memastikan tidak ada kotoran maupun virus yang hinggap pada bahan makanan sebagai pemicu gangguan kesehatan.

Makanan yang Dibeli dari Wadah Besar

ilustrasi makan cemilan di mobil

Kurangi jenis makanan yang dibeli dari wadah besar. Dilansir dari Liputan6, makanan yang dibeli dari wadah besar memiliki risiko lebih tinggi untuk terkontaminasi kuman.

Sebab, wadah besar tersebut belum tentu jelas dan terjamin tingkat kebersihannya. Terlebih apabila wadah besar tersebut tidak tertutup. Hal tersebut akan semakin meningkatkan risiko penularan penyakit maupun tumbuhnya bakteri dan kuman.

Untuk menghindarinya, kurangi pembelian jenis makanan dari wadah besar dan ganti dengan mengonsumsi jenis makanan tertutup yang diletakkan di rak.

Makanan Dingin

ilustrasi sushi

Jenis makanan ke enam yang wajib dihindari saat karantina mandiri adalah makanan dingin. Beberapa makanan dingin yang sering ditemui yakni seperti makanan yang dikemas menggunakan pembungkus plastic seperti pasta dingin, sushi, sandwich, salad, dan lain sebagainya.

virus lebih menyukai suhu yang lebih dingin pada makanan sehingga jenis makanan tersebut lebih memiliki risiko tinggi untuk menjadi sumber penyakit pada tubuh manusia.

Usahakan untuk mengonsumsi makanan yang dimasak terlebih dahulu dan kurangi untuk mengonsumsi jenis makanan instan maupun siap saji. Selain kurang baik bagi tubuh, jenis makanan tersebut juga dapat menjadi sumber penyebaran virus.

Makanan yang Diletakkan di Wadah Penyimpanan

7 makanan ringan yang tidak baik dikonsumsi anak

Jenis makanan yang wajib dihindari selanjutnya selama masa karantina mandiri adalah makanan yang diletakkan di wadah penyimpanan. Beberapa jenis makanan yang sering dijumpai adalah kacang-kacangan, cemilan gurih, dan lain sebagainya.

Sebab, untuk mengambil makanan sesuai dengan takaran yang diinginkan pembeli akan membutuhkan interaksi secara langsung dengan tangan atau benda luar yang belum terjamin kebersihannya.

Selain itu, makanan yang diletakkan dalam wadah penyimpanan akan memiliki kandungan zat pengawet yang lebih tinggi dibanding jenis makanan lainnya. Padahal, zat pengawet adalah senyawa kimia yang tidak baik bagi tubuh.

Selain mengurangi beberapa jenis makanan tersebut, Anda juga perlu untuk memperhatikan kebugaran tubuh guna menangkal virus corona covid-19. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh adalah salah satunya.

Dengan mengonsumsi makanan yang sehat dengan benar serta melakukan olahraga secara rutin, maka tubuh akan memberikan perlindungan dan respon yang cukup baik dalam menangkal berbagai ancaman kesehatan, termasuk virus corona covid-19 yang telah menjadi pandemi di seluruh dunia.

ok guys.. ini dia makanan yang harus anda hindari selama masa karantina, semangat berjuang…!