7 Makanan yang Baik Dikonsumsi Bagi Penderita Kanker

1. Apel

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Presisi Oncology, para peneliti menemukan bahwa senyawa dalam kunyit, apel dan anggur yang dikombinasikan memiliki kekuatan untuk mengecilkan tumor kanker prostat. Itu karena apel mengandung senyawa antikanker yang ampuh yang dikenal sebagai asam ursolat di kulitnya.

2. Buah bit

Bit kaya akan antioksidan seperti vitamin C dan E, bersama dengan antioksidan kuat lain yang dikenal sebagai alpha lipoic acid, yang semuanya membantu untuk mencegah bahaya radikal bebas yang bisa mengakibatkan kanker.

3. Kacang Brasil

Kaya selenium, mengonsumsi kacang Brasil setiap hari bisa menjadi penangkal kanker. Mengatasi setiap kekurangan selenium potensial sangat penting untuk mengurangi risiko kanker dan memastikan sistem kekebalan yang kuat bagi mereka yang terserang kanker. Tingkat selenium yang rendah telah dikaitkan dengan peningkatan risiko beberapa kanker seperti kanker payudara.

4. Brokoli

Brokoli adalah pembangkit tenaga anti kanker. Brokoli mengandung vitamin A, B2, B6, C, K, folat, mangan, kalium, magnesium, yang semuanya diperlukan untuk menjaga agar sistem kekebalan tubuh Anda tetap kuat dan sehat dan untuk melawan kanker. Brokoli mengandung sulfuropana dan indoles, yang juga memberinya sifat anti kanker yang ampuh.

5. Brussels sprouts

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di Immunity, peneliti menemukan bahwa makan sayuran brassica dalam jumlah banyak seperti kubis Brussel secara signifikan mengurangi risiko menderita kanker usus besar.

6. Kubis

Senyawa yang terbentuk selama metabolisme sayuran silangan, termasuk kubis, telah ditemukan dalam studi Imunitas mampu menghentikan pembentukan tumor kanker. Menurut para peneliti, itu karena sayuran ini memicu zat dalam tubuh yang dikenal sebagai reseptor aril hidrokarbon (AHR) yang melindungi usus dari peradangan, yang sering menjadi pelopor timbulnya kanker.

7. Cauliflower

Kembang kol mengandung banyak vitamin C, potassium, serat dan banyak vitamin dan mineral lainnya yang membuatnya penting untuk diet melawan kanker. Dan, mirip dengan brokoli, kembang kol mengandung sulforaphane — senyawa anti kanker yang ampuh.

8. Flaxseeded dan flaxseed oil

Asam lemak omega 3 dalam biji rami, minyak rami, kenari mentah dan biji chia mampu mengurangi prostaglandin dan peradangan serta mengurangi risiko kanker payudara.

9. Jahe

Jahe memiliki sifat anti-kanker dan penghancuran tumor yang signifikan. Menurut para peneliti, potensi anti-kanker jahe ini karena adanya senyawa alami seperti gingerol, paradol, shogaol dan zerumbone. Penelitian dalam International Journal of Preventive Medicine menemukan bahwa jahe bisa membantu mengobati kanker payudara, kolorektal, lambung, hati, prostat, dan kanker kulit.