7 Makanan Penyembuh Sembelit

1. Kiwi

Buah yang baik untuk sembelit ini mengandung sekitar 2,3 gram serat per buahnya. Serat dari makanan ini bisa membantu memperlancar BAB yang keras dengan melunakkan tekstur feses sehingga lebih mudah untuk melewati usus.

Selain itu, kiwi juga mengandung enzim actinidain yang memiliki efek seperti obat pencahar, yakni merangsang gerakan usus sehingga Anda dapat buang air besar lebih baik. Anda bisa menikmati buah ini secara langsung atau dibuat salad buah.

2. Brokoli

Brokoli termasuk makanan yang ampuh untuk memperlancar BAB keras akibat sembelit. Brokoli sangat kaya serat, bila kondisinya masih mentah. Jika sudah melewati proses pemanasan, jumlah seratnya akan berkurang.

Cara terbaik untuk menikmati brokoli adalah memasaknya sampai matang. Anda bisa bisa mengukus atau memanggangnya dengan tambahan minyak zaitun, garam, merica, dan bawang putih.

3. Buah beri

Buah stroberi, rasberi, dan blackberry termasuk dalam kelompok buah beri. Buah yang khas dengan rasa asamnya ini ternyata cocok dijadikan makanan untuk memperlancar BAB saat sembelit.

Setengah cangkir stroberi atau setara dengan 75 gram, mengandung 2 gram serat. Rasberi dan blackberry dengan ukuran yang sama mengandung 4 dan 3,8 gram serat.

Serat ini nantinya akan membantu melunakkan feses sehingga lebih mudah dikeluarkan. Anda bisa menikmati buah-buahan ini sebagai topping yogurt atau dimakan langsung.

4. Popcorn

Saat sembelit, popcorn bisa jadi camilan yang tepat untuk memperlancar BAB. Pasalnya, popcorn kaya serat sehingga walaupun sembelit Anda tetap bisa menikmati makanan ini.

Namun, pastikan popcorn tidak ditambahkan banyak garam. Alih-alih meredakan sembelit, kadar garam yang tinggi malah membuat tubuh memakai cairan di usus lebih banyak dan membuat feses jadi semakin kering. Alhasil, sembelit malah semakin bertambah parah.

5. Plum, apel, dan pir

Selain kiwi, Anda juga bisa menikmati buah pirapel, atau plum sebagai makanan untuk memperlancar BAB. Apel mengandung serat yang disebut pektin. Serat ini cepat difermentasikan bakteri usus menjadi asam lemak rantai yang nantinya akan menarik air ke usus membuat feses jadi lebih lunak.

Sementara buah pir dan plum mengandung gula alami seperti fruktosa dan sorbitol. Gula ini cukup sulit dicerna usus sehingga akan mengalir ke usus besar. Pada bagian ini, gula akan menarik lebih banyak air sehingga feses yang tadinya keras akan jadi lebih lunak.

Selain melunakkan feses, kandungan nutrisi dari ketiga buah ini juga bisa merangsang pergerakan usus jadi lebih cepat. Itu artinya, feses akan terdorong dari usus besar menuju anus dan keluar dari tubuh.

6. Kacang-kacangan

Meskipun berukuran kecil, berbagai jenis kacang ternyata kaya akan serat. Oleh karena itulah makanan ini ampuh untuk memperlancar BAB. Secangkir kacang merah berukuran 90 gram mengandung serat sebanyak 9,5 gram. Sementara kacang lima dan kacang pinto mengandung sekitar 6 gram serat dalam ukuran yang sama.

Anda bisa menikmati kacang dengan berbagai olahan, yakni dicampurkan dengan salad, dibuat sup, atau pasta. Selain itu, Anda juga bisa menikmati kacang almond, kacang pikan, dan kacang pistachio.

Sebanyak 9 gram kacang almond, mengandung 3,3 gram serat. Pada ukuran yang sama, kacang pikan mengandung 2,7 gram serat dan kacang pistachio mengandung 2,9 gram serat.

Walaupun kaya serat yang bagus untuk orang yang susah BAB, kacang tidak boleh dimakan berlebihan karena tinggi kalori.

7. Roti dan sereal gandum

Saat sembelit, sarapan yang cocok dimakan adalah roti atau sereal gandum. Makanan ini tinggi serat dan karbohidrat kompleks, tapi rendah lemak sehingga ampuh untuk melancarkan BAB.

Namun, roti yang Anda pilih sebaiknya terbuat dari gandum hitam. Jenis gandum ini mengandung arabinoxylan yang memiliki efek pencahar untuk merangsang usus bergerak lebih cepat. Sementara untuk sereal, pilih yang kandungan seratnya sekitar 5 gram pada kemasannya.