6 Makanan yang Harus Dihindari Saat Haid, Ladies Wajib Tahu!

1. Junkfood

Sebagian besar wanita yang mengalami haid ingin mengonsumsi makanan cepat saji atau camilan berupa kentang goreng untuk memperbaiki emosi. Namun, mengonsumsi makanan cepat saji dan kentang goreng saat haid bisa membuat perut kamu kembung dan sakit. Kentang goreng bisa kamu ganti dengan kentang panggang atau kentang rebus yang kadar garamnya lebih rendah.

2. Minuman Kafein

Bagi kamu pecinta kopi dan teh, sebaiknya hindari minuman yang mengandung kafein saat haid (https://www.detik.com/tag/haid). Kopi dan teh mengandung kafein yang bisa membuat perut kamu tambah sakit dan berpotensi terkena maag. Tentu hal itu akan menyiksa diri kamu sendiri jika tetap diminum.

3. Minuman Mengandung Alkohol dan Soda

Selama haid berlangsung, hindari minuman yang mengandung alkohol dan soda. Sebab alkohol bisa membuat kamu menjadi sulit tidur, gelisah, cepat marah, kelelahan, dan sakit kepala. Sedangkan minuman bersoda bisa membuat perut kamu kram. Hal itu akan membuat kamu makin tidak nyaman saat haid.

4. Gandum Olahan

Roti, donat, dan kue lainnya yang merupakan gandum olahan juga dihindari saat haid. Karena, gandum olahan nutrisinya sudah hilang sebagian dan banyak mengandung gula. Kamu bisa menggantinya dengan mengonsumsi nasi merah atau oatmeal.

5. Produk Susu

Susu memang sehat untuk tubuh dan banyak sekali olahan susu yang bisa dinikmati. Tetapi, saat haid tidak dianjurkan untuk mengonsumsi olahan susu seperti eskrim dan keju. Produk susu dapat menyebabkan nyeri atau kram pada rahim, serta perut kembung dan diare.

6.Daging Merah

Mengonsumsi daging merah memang nikmat. Tapi tidak disarankan untuk kamu yang sedang haid. Daging merah mengandung lemak jenuh yang tinggi. Sehingga, jika kamu mengonsumsinya akan terjadi kram pada perut yang terasa sangat sakit.