5 Makanan Penyebab Jerawat yang Harus Kita Hindari

1. Karbohidrat Olahan

Makanan yang termasuk karbohidrat olahan adalah roti, cracker, sereal dan pasta yang terbuat dari tepung, nasi putih dan mie. Jenis makanan ini memiliki efek yang dekat dengan kadar gula darah dan insulin.

Karbohidrat olahan diserap ke dalam aliran darah dengan cepat yang bisa menaikkan kadar gula darah dan insulin. Kadar insulin yang tinggi tidak bagus untuk orang yang mudah berjerawat karena bisa mendorong hormon andogen menjadi lebih aktif.

Reaksi ini berujung pada munculnya jerawat dengan membuat sel kulit tumbuh lebih cepat sekaligus meningkatkan produksi sebum.

2. Makanan Manis

Makanan manis yang menggunakan gula tambahan juga bisa menyebabkan jerawat meradang. Sebuah studi menemukan bahwa orang yang sering mengonsumsi gula tambahan memiliki risiko terkena jerawat hingga 30%, sedangkan mereka yang makan pastry dan cake secara reguler memiliki risiko 20% lebih besar.

3. Produk Olahan Susu

Produk olahan susu seperti keju, es krim dan yogurt bisa menyebabkan jerawat. Dua studi menemukan bahwa remaja yang rutin mengonsumsi susu dan es krim memiliki kemungkinan menderita jerawat empat kali lebih besar.

4. Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji ala Barat seperti burger, hot dog, kentang goreng, nugget, soda dan milkshake mengandung banyak kalori, lemak dan karbohidrat olahan.

Jenis makanan ini juga bisa meningkatkan risiko munculnya jerawat. Sebuah studi yang melibatkan 5.000 remaja di China menemukan bahwa diet seperti ini bisa meningkatkan risiko munculnya jerawat hingga 43%.

5. Cokelat

Memakan cokelat juga bisa memperparah jerawat yang ada di muka. Pasalnya cokelat mengandung gula dan susu dalam jumlah tinggi yang merupakan dua penyebab jerawat