5 Makanan Paling Sehat di Dunia

Kesehatan itu penting banget. Walaupun kamu olahraga rutin, tapi kalau makanan yang kamu makan gak sehat, bakal tetap gampang sakit. Jadi, kalau gak mau kesehatanmu terganggu, mending lebih perhatian lagi deh sama makanan yang kamu makan.

Di bawah ini adalah top ten makanan paling sehat di dunia. Bukan berarti yang lain gak sehat, tapi makanan-makanan ini masuk daftar sepuluh besar karena kaya nutrisi dan pastinya baik untuk kesehatan.

1. Bayam

Di posisi pertama siapa lagi kalau bukan makanan Popeye yang terkenal sangat sehat ini. Bukan cuma di kartun, aslinya bayam juga sangat sehat karena ada kandungan bernama folic acid yang menjadi suplemen pada ibu hamil untuk mencegah kecacatan pada bayinya.

Selain itu, ada juga Vitamin K yang membantu kesehatan tukang, vitamin A untuk mata, serta vitamin C untuk sistem imun tubuh. Bayam juga kaya akan zat besi yang penting membangun sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh.

Kalau kekurangan zat besi, kamu akan mudah mengantuk, kehilangan tenaga, dan merasa lemas. Tapi, jangan lupa untuk tidak memanaskan bayam berulang kali ya, karena justru akan membayakan kesehatanmu.

2. Kentang

Manfaat luar biasa yang dimiliki kentang yakni bisa mencegah penyakit ginjal, karena zat besi di dalamnya bisa menolak endapan batu ginjal di sistem jaringan. Kentang juga bisa meningkatkan kecerdasan otak, karena vitamin B6-nya.

Buat kamu yang punya masalah kulit, vitamin C dalam kentang bagus untuk kesehatan kulitmu. Protein, karbohidrat, fosfor, dan mineralnya pun cukup tinggi.

3. Pisang

Pisang mengandung kalium yang sangat tinggi dan baik bagi fungsi saraf, fungsi otot, serta menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Kalium baik untuk mengendalikan tekanan darah tinggi.

Vitamin C pada pisang cukup tinggi, sehingga bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, kesehatan sel, dan membantu penyerapan nutrisi seperti zat besi. Vitamin B6-nya membantu proses metabolisme.

Ada pula karbohidrat, magnesium, kalsium, fosfor, folat, karoten, dan asam amino yang diperlukan tubuh.

4. Dark chocolate

Jarang ada orang yang menyukai makanan ini karena rasanya agak pahit. Di balik rasa pahitnya, ada manfaat besar yang bisa kamu dapat. Yakni kandungan antioksidannya yang bekerja menurunkan tekanan darah tinggi dan meningkatkan aliran darah.

Caranya dengan melebarkan pembuluh darah, sehingga otomatis ini juga baik untuk jantung. Kalau kamu sering mendengar bahwa cokelat itu baik untuk meningkatkan mood, itu benar.

Cokelat bisa mereduksi hormon stres dalam tubuh dan menghasilkan endorfin dan serotonin yang bisa membuat perasaan jadi tenang. Manfaat lain yang bisa kamu dapatkan adalah dark chocolate ini bisa mencegah kanker, mencegah penuaan dini, dan menyuburkan rambut.

5. Bawang putih

Bawang putih gak hanya memiliki fungsi untuk menjadi bumbu masak, tapi juga bagus untuk kesehatan, lho. Karena ada senyawa bernama diallyl trisulfida yang dipercaya baik sebagai pengobatan penyakit jantung. Senyawa yang sama juga berfungsi melawan bakteri penyebab infeksi pada usus.