4 Pantangan Makanan untuk Penderita Sakit Maag

Makan tidak teratur dan pola hidup yang tidak sehat menjadi faktor penyebab sakit maag. Namun, 5 makanan ini wajib dihindari bagi Anda yang memiliki maag kronis. Maag atau dyspepsia adalah sakit yang diakibatkan oleh makan terlalu banyak dan terlalu cepat, stres, mengonsumsi obat tertentu, dan menderita penyakit tertentu.

Sakit maag juga bisa dihubungkan dengan gaya hidup yang tidak sehat misalnya merokok, mengonsumsi alkohol, makanan pedas dan berminyak serta berlemak. Beberapa jenis pemicu lain adalah minuman bersoda, berkarbonasi, dan berkafein seperti teh dan kopi. Ini 5 makanan yang wajib dihindari khususnya oleh penderita maag.

1. Makanan pedas
Bagi anda yang menyukai makanan pedas, Anda perlu mengurangi pola konsumsi makanan ini karena dapat meningkatkan risiko iritasi pada saluran pencernaan. Jika Anda sudah mengidap sakit maag atau gangguan pencernaan, maka Anda diwajibkan memilih makanan lembut dan menghindari makanan pedas.

2. Makanan dan minuman asam
Bagi penderita maag, anda juga perlu menghindari makanan atau minuman sejenis jeruk, lemon, limau, saus tomat, serta minuman berkarbonasi atau bersoda dengan sifat asam. Sejumlah makanan dan minuman tersebut memang berpotensi menyebabkan masalah pencernaan.

3. Produk olahan susu
Makanan atau minuman olahan susu yang mengandung laktosa memang lebih sulit dicerna oleh tubuh. Alhasil, ketika laktosa tidak dapat dicerna dengan baik perut akan menjadi kembung, menghasilkan gas berlebih, dan menyebabkan diare. Oleh sebab itu, meski kalsium dalam kandungan susu juga sangat diperlukan oleh tubuh, namun Anda perlu memanajemen pola makan serta dalam mengonsumsi susu. Anda juga bisa memilih opsi produk pengganti susun untuk mencukupi nutrisi tubuh anda.

4. Makanan dan minuman manis
Tak hanya yang pedas, makanan dan minuman dengan kadar yang terlampau manis juga bisa memicu maag loh! Kandungan fruktosa yakni pemanis buatan bisa menyebabkan maag karena tak sepenuhnya bisa dicerna dan diserap tubuh mencapai usus.